Terdesak Angsuran Kredit, Pemuda di Parepare Nekat Curi Peralatan Warkop

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Ujung Polres Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), berhasil mengungkap kasus pencurian peralatan warung kopi (warkop).

Hal itu diungkapkan oleh Kapolsek Ujung, AKP. Muhammad Anwar, saat menggelar Press release, pada Jum’at (17/6/2022) siang.

Kapolsek Ujung mengatakan, kasus pencurian peralatan warkop itu terjadi di Jalan Panorama, Kelurahan Ujung Bulu, Kecamatan Ujung, Kota Parepare.

“Korban lalu melaporkanya ke Polsek Ujung, setelah peralatan warkop miliknya raib digondol maling pada 2 Juni 2022, pukul 02.00 WITA,” jelasnya.

Lebih lanjut, AKP. Muhammad Anwar mengatakan, setelah pihaknya menggelar olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), kemudian dilakukan pengembangan kasus untuk mencari tempat dimana tersangka hendak menjual hasil curiannya itu.

“Anggota kami kemudian melakukan pengembangan, dan pada 8 Juni 2022 tim kami menerima informasi ada masyarakat yang menjual peralatan lengkap membuat kopi,” ujar Kapolsek Ujung itu.

Setelah mendapat informasi itu, personil Polsek Ujung langsung melakukan pengecekan barang yang diduga dicuri di Jalan Muhammad Arsyad, Kelurahan Bukit Harapan, Soreang, Parepare.

“Setelah dilakukan pengecekan, dan betul di Jalan Muhammad Arsyad, Kecamatan Soreang, anggota kami bertemu dengan salah seorang warga yang ingin membeli hasil curian itu, dan menunjukkan keberadaan terduga pelaku, kemudian langsung dilakukan penangkapan,” lanjut AKP Anwar.

Kapolsek Ujung juga menyebutkan, terduga pelaku sangat lihai dalam mengamankan hasil curiannya itu.

“Terduga pelaku hanya sendiri dengan lihainya mengamankan secara satu persatu dan diangkut ke rumahnya yang tak jauh dari lokasi kejadian,” katanya.

Berdasarkan pengakuan tersangka di hadapan penyidikan, dirinya mengakui nekat mencuri lantaran faktor ekonomi karena terdesak ingin membayar angsuran kredit.

“Dari hasil dari penyelidikan, menurut keterangan tersangka, perbuatannya itu adalah kali pertama ia lakukan karena faktor ekonomi dan kedua ingin membayar angsuran kredit. Barang yang dicuri itu nilainya kurang lebih 10 juta rupiah,” jelasnya.

Adapun peralatan warkop yang dicuri berupa kompor dua mata, tabung gas ukuran 3 kilogram 2 buah, alat press kopi satu unit, kopi siap pakai 2 bungkus, timbangan digital, 1unit penambung bubuk kopi portafilter, dan 1 unit pemadat kopi temper.

Atas perbuatannya, tersangka dikenai Pasal 363 di Subsider 362 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.

“Pasal yang dikenakan Pasal pencurian dan pemberatan 363 ayat 1, 3, dan 5 Subsider Pasal 362 KUHPidana, dan ancaman hukumannya, yaitu penjara selama tujuh tahun lamanya,” tutupnya. (hsl/ag) 

abdi

Tinggalkan Balasan

Next Post

Hari Kelima Operasi Patuh 2022, Satlantas Polres Parepare Beri Teguran 12 Pengendara

Jum Jun 17 , 2022
SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Hari kelima Operasi Patuh 2022 kembali digelar oleh Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Parepare. Operasi Patuh kali ini, petugas Satlantas Polres Parepare menyasar Pengendara yang melintasi jalur Transportasi Sulawesi, atau di Jalan Bau Massepe, depan Pasar Sumpang, Bacukiki Barat Parepare, Jumat (17/6/2022) sore. Pengendara  roda dua yang kedapatan […]

Kategori

%d blogger menyukai ini: