Takapala, Air Terjun di Wilayah Pedesaan.

SERATUSNEWS.ID,GOWA – Air terjun Takapala dikelilingi tebing-tebing curam yang menjulang tinggi dan hutan rimbun. Tingginya mencapai 109 meter dengan debit air cukup tinggi. Ketika musim penghujan, aliran air bakal lebih deras lagi. Di bagian bawah terdapat kolam untuk bermain air atau berenang. Tapi disarankan tetap berhati-hati karena arus di sekitarnya cukup deras.

Air Takapala berada di Desa Bontolerung, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Jaraknya cukup jauh dari pusat kota Makassar,kira-kira kurang lebih 90 kilometer.

TERTINGGI DI SULSEL: Perpaduan air terjuan dan keindahan alam pedesaan.

Jika tidak ingin tersesat, pengunjung dengan kendaraan pribadi bisa langsung mengandalkan panduan dari aplikasi Maps. Bagi yang ingin menggunakan kendaraan umum,bisa berangkat saja dari terminal Mallengkeri, Makassar. dan mengambil jurusan ke Terminal Sungguminasa. Setelah itu melanjutkan perjalanan dengan angkot menuju Malino.

Pengunjung cukup mengeluarkan uang tiga ribu rupiah untuk bisa masuk kawasan ini. Dengan harga yang begitu murah, wisatawan sudah bisa menikmati keindahan alam dan kesejukan udara sekitar Air Terjun Takapala.

SPOT FOTO: Setiap sudut di Takapala jadi tempat foto favorit

Fasilitas di kawasan wisata Malino ini lumayan lengkap. Terdapat area parkir memadai dan beragam pilihan warung makan. Bagi yang ingin bermalam, tersedia penginapan dengan harga lumayan terjangkau. Wisatawan yang membawa keluarga besar bisa menyewa villa jika membutuhkan akomodasi yang lebih luas.

Malino sendiri memang merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Sulawesi Selatan. Letaknya di daerah perbukitan, jadi iklimnya sejuk dan cocok dijadikan tempat liburan. Dari sekian banyak tempat wisata di Malino, salah satu yang pantang terlewat adalah Air Terjun Takapala ini.

JAGA LANGKAH: Karena sering terkena air batuan menjadi licin,tetap jaga keselamatan.

Air Terjun Takapala berada di sebelah barat Gunung Bawakaraeng dan Gunung Lompobattang. Jika beruntung, pengunjung bahkan bisa melihat pelangi di sini.

Tingginya debit air membuat Air Terjun Takapala ini sering dihiasi kabut, hingga tak jarang pengunjung bisa melihat pelangi di bagian dasarnya. Bagi yang suka tantangan, bisa juga coba menjelajah goa di balik air terjun.

Daya tarik lain Takapala adalah bebatuan di sekitarnya. Batu-batu tersebut berjenis columnar joint dan berbentuk pilar. Menurut beragam sumber, batuan alam unik ini terbentuk dari leburan magma Gunung Lompobattang yang mendingin.

BATUAN UNIK. Di Sekitar Air terjun batuan yang konon berasal dari magma yang membeku jadi daya tarik tersendiri

Bagi pecinta fotografi, kawasan ini cocok dijadikan tempat hunting foto bertema alam. Tangkap indahnya panorama air terjun berhiaskan pelangi atau abadikan ekostisnya hutan pinus di tengah perjalanan menuju Takapala.(rdi)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: