Sweetness Scelebess Tingkatkan Kualitas kopi Dengan Edukasi Petani

SERATUSNEWS.ID,PAREPARE – Di Sulawesi Selatan, siapa sih yang tidak kenal dengan Sweetness Coffee. Brand ini seakan merajai pasar kopi di wilayah Sulawesi Selatan khususnya Ajatappareng.

Tentu bukan perkara mudah untuk bisa di sejajarkan dengan sejumlah brand ternama yang sudah terlebih dahulu merambah bisnis kopi di Sulawesi Selatan. Namun seperti kata – kata bijak yang kerap kita dengan “usaha tidak pernah menghianati hasil”, Sweetness Sclebess membuktikan usaha kerja keras yang dibangunnya sejak awal.

PENJEMURAN: Petani Kopi Ulu saddang bangun tempat pengeringan biji kopi

Salah satu kiat Sweetness adalah langsung berinteraksi dengan petani kopi di sejumlah daerah penghasil kopi di Sulawesi selatan. Seperti Pinrang,Enrekang dan Toraja. Di kabupaten Pinrang sendiri Sweetness bahkan sudah bekerjasama dengan puluhan petani kopi baik arabika maupun robusta.

Salah satu Lokasi binaan Sweetness scelebess ada di Desa Ulu Saddang kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan. Awalnya petani di desa ini menjual biji kopi hasil panen mereka ke pengepul dalam bentuk buah cerry. Tentu saja harga jualnya masih sangat murah.

PENDAMPINGAN: Sweetness Coffee kerap mendampingi petani untuk edukasi.

Hal inilah yang mendorong Sweetness untuk memberikan edukasi kepada petani agar bisa mengolah biji kopi sebelum di pasarkan.

” Memang ada beberapa petani di sekitaran sungai saddang yang rutin kita beri edukasi,baik cara merawat tanaman kopi hingga proses panen”, Terang Muhammad Takbir Owner Sweetness Scelebess.

BIJI KOPI TEBAIK: Proses sortir kopi sudah dimulai di tingkat petani.

Masih menurut Takbir, edukasi itu meliputi proses panen yang melakukan metode petik buah merah,pengeringan,hingga proses penjualan. ” Dengan memakai metode itu kualitas kopi petani di ulu saddang bisa jadi lebih baik,harga biji kopipun bisa naik berlipat lipat,” Sambung Takbir.

Kualitas kopi yang terus membaik tentu saja juga berdampak pada sweetness Coffee. Jumlah pelanggannya terus mengalami peningkatan yang signifikan. Cabangnya pun kini terus bertambah. Bahkan kini merambah ke kta besar seperti Bekasi,Samarinda,hingga beberapa daerah di sulawesi barat hingga Papua.

RUMAH KOPI : Rumah kopi Sweetness jadi pusat produksi kopi di Soreang Kota Parepare

Beberapa cabangnya bahkan mengalami peningkatan pelanggan yang signifikan. Permintaan kopi di Sweetness Scelebess terus mengalami peningkatan. Petani di sejumlah daerah penghasil kopi bahkan sedikit kewalahan memenuhi permintaan pasar khususnya di wilayah Ajatappareng.

KEDATANGAN TAMU: Putri Muslimah Indonesia Shaza Belladona melakukan proses syuting dengan salah satu TV Nasional di Rumah Kopi Sweetness

Salah satu racikan andalan Sweetness Coffee ini adalah Kopi susu Sweetness. berbahan dasar biji kopi Robusta yang terkenal kaya dengan caffeine yang bermanfaat untuk tubuh,racikannya mampu menemukan formula yang tepat untuk mendapatkan manfaat besar dari kopi. Apalagi kandungan Caffeine biji kopi Robusta,memang lebih tinggi di bandingkan kopi Arabika. Tapi tentu saja harus di ingat, takaran yang tepat dibutuhkan untuk mendaptkan manfaat luar biasa dari biji kopi Robusta.(rdi)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: