Stater Kaki Terasa Keras, Ini Penyebabnya

SERATUSNEW.ID – Beberapa tipe motor, umumnya bebek, memiliki dua metode dalam melakukan start, yakni kick starter dan electric starter. Setiap tipe penyalaan motor tersebut memiliki kendala dan kelebihan masing-masing, terutama kick start yang berisiko terasa keras.

Satu komponen yang rusak, bisa merambah ke yang lain

Sebagai peranti cadangan, kick starter atau starter kaki memang jarang digunakan karena kurang praktis. Apalagi untuk motor matik yang harus di standar tengah terlebih dahulu untuk melakukan start.

Karena efek jarang dipakai itulah, kick starter adakalanya terasa berat atau keras sehingga akan lebih merepotkan apabila electric start tidak berfungsi normal.

Apa penyebab kick starter terasa keras?

Biasanya, penyebabnya adalah karat yang mengggangu poros gerak akibat jarang dipakai atau dilumasi. Karena itulah, per stopper penghubung gir slah dan primer sering terhambat dan membuatnya sulit bergerak.

Lantas apa solusinya?

Kick Starter

Cara paling efektif jelas harus membongkar CVT. Bersihkan bagian ini secara merata, lalu hilangkan semua kotoran dari penghubung gir memakai kuas dan angin bertekanan tinggi (kompresor).

Setelah itu, oleskan gemuk atau grease pada per stopper dan alur gir agar licin plus makin lancar.

Dengan risiko yang sedemikian, disarankan untuk secara rutin menggunakan kick starter terutama ketika memanaskan motor. Apabila melakukan servis, CVT lebih baik dibersihkan dan dilumasi kembali untuk memastikan kondisinya tetap prima. (rdi)

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK