Sanma, Sandal Nama Dari Rahmatul Asri

SERATUSNEW.ID,ENREKANG – Sandal merupakan alas kaki yang sangat praktis untuk dipakai dan digunakan oleh siapa saja baik dari kalangan muda ataupun yang lanjut usia. Itu karena sandal dapat digunakan dimana saja dan dalam keadaan apa saja. Sandal merupakan pilihan utama dalam keadaan santai bersama keluarga di pantai, kebun, di halaman rumah dan dimanapun. Jadi tidak heran jika Sandal masih menjadi favorit bagi warga Indonesia.

SANMA : Sandal nama inovasi santri

Di pondok pesantren sandal adalah suatu barang yang sangat berharga karena sudah seperti kebutuhan pokok yang harus dimiliki santri. Karena sandal selalu dipakai oleh santri kemanapun dan dimanapun. Sandal inipun punya satu problematika yang unik dan sering terjadi karena saking berharganya. Hampir setiap hari, ada saja santri yang kehilangan sandal.

INOVATIF : Dari pengalaman jadi santri Sanma tercipta di pesantren

Berangkat dari pengalaman itu sejumlah lulusan Pondok pesantren Rahmatul Asri maroangin punya trik jitu. Mereka memproduksi sandaln dengan nama pemilik yang tertera di sandal miliknya. Adalah Wahyudin. Pria asal Panreng kabupaten Sidrap Sulawesi Selatan ini,mulai memproduksi sandal nama yang di sebut “sanma” atau sandal nama.

Awalnya sanma ini di produksi terbatas dan hanya di jual di lingkungan Pondok Pesantren Rahmatul Asri saja,tempat dimana Wahyudin dulunya menuntut ilmu. ” Sebenarnya sanma ini untuk mengatasi masalah kehilangan sandal di pesantren,tapi karena banyak peminatnya,sekarang di produksi untuk dijual bebas,” Terang wahyudin.

Wahyudin saat ini bahkan menerima pesanan Sanma dari beberapa pesantren di wilayah ajatappareng. Seperti Sidrap, Pinrang, dan Parepare.

SANTRI BARU : Pemesan sanma meningkat saat musim penerimaan santri baru

Harganyapun bervariasi,mulai dari 30 ribu, hingga 35 ribu rupiah. Tergantung kualitas sandal yang di inginkan.(rdi)

Tonton videonya pada Link di bawah ini :

Sanma, Sandal nama Rahmatul Asri

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: