Ratusan Calon Maba Antusias Ikuti Sosialisasi Kampus ITH Parepare

Rektor ITH Kota Parepare, Prof Ansar Suyuti saat diwawancarai oleh sejumlah jurnalis (Foto: Husnil)

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Perguruan Tinggi Institut Teknologi Baharuddin Jusuf Habibie (ITH) Kota Parepare, melakukan sosialisasi dengan konsep bincang santai yang mengangkat tema Lebih Dekat dengan ITH Parepare.

Sosialisasi kampus ITH ini, digelar di Hotel Parewisata Parepare, pada Selasa (5/7/2022) pagi.

Sosialisasi kampus ITH Parepare ini, dihadiri oleh ratusan calon mahasiswa baru (Maba) dari berbagai daerah, mulai lingkup Ajatappareng hingga dari Kabupaten Luwu.

Pada bincang santai tersebut, tim pengajar ITH dari tiga program studi memaparkan keunggulannya masing-masing di depan calon Maba.

Rektor ITH Kota Parepare, Prof Ansar Suyuti mejelaskan,,kampus baru di Parepare itu, tidak hanya mendidik mahasiswa, namun juga akan mendidik hati nurani hingga imajinasi.

“Tentu dengan melalui kegiatan oleh adik-adik mahasiswa yang kita sebut softskill. Kami ada enam orang, semua dari Unhas. Doktor-doktor terbaik dari Unhas yang siap membantu dan mendidik mahasiswa kita nantinya,” jelas Rektor ITH.

Tak hanya itu, Prof Ansar menyebutkan, tahun ini ITH mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 50 miliar untuk pembangunan gedung maupun laboratorium.

“Insya Allah tahun ini kami mendapat 50 miliar lebih untuk membangun gedung dengan laboratorium. Dan masih berproses di Kementerian Keuangan. Kami juga sudah memiliki printer 3D.Tahun depan mugkin bisa triliunan karena ini negara yang punya,” tambah Prof Ansar.

Di tahun pertamanya menerima mahasiswa baru, ITH memiliki tantangan untuk membangun gedung perkuliahan maupun laboratorium.

“Tantangannya adalah ITH harus menghadirkan laboratorium dengan setara dengan perguruan tinggi yang lain. Sementara kami baru miliki bangunan juga sementara baru kami rehab. Isinya juga baru kami usulkan. Tahun ini Insya Allah,” kata Rektor pertama ITH.

Lebih jauh, Dia mengatakan, ada empat jenis Uang Kuliah Tunggal (UKT) di ITH, biayanya dari Rp 0 hingga Rp 500 ribu, UKT tingkat 2 Rp 501 ribu hingga Rp 1 juta, UKT tingkat 3 dari Rp 1.001.000 hingga Rp 2 juta, dan UKT tingkat 4 dari Rp 2.001.000 hingga Rp 3 juta.

Kendati demikian, pendaftaran calon mahasiswa ditutup hingga tanggal 8 Juli 2022, namun jumlah pendaftar telah mencapai kuota yang ditentukan.

“Sudah lebih dari kuota 360 untuk tiga prodi. Kami membutuhkan 80 mahasiswa prodi Matematika, 120 mahasiswa prodi Sistem Informasi, dan sebanyak 160 mahasiswa dibutuhkan untuk program Teknik Informatika,” ucap Rektor ITH.

Sementara, salah seorang calon mahasiswa ITH, Muhammad Arkam, mengaku sangat merasa tertantang dengan hadirnya Perguruan tinggi ITH di Parepare.

Dia ingin melihat apakah kampus baru ini, bisa bersaing dengan kampus-kampus ternama yang ada di Sulsel.

“ITH masih tiga prodi, tapi ini merupakan prodi-prodi utama. Saya sudah mendaftar. Yang menarik itu, karena ini satu-satunya Institut Teknologi di Indonesia Bagian Timur,” pungkasnya

Sebelumnya, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe  menegaskan bahwa Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie adalah perguruan tinggi negeri ikonik yang mengangkat nama Kota Parepare dan Provinsi Sulsel ke tingkat nasional bahkan internasional. (hsl/ag) 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: