Ratusan Benda Pusaka Ramaikan Pameran yang Digelar Komunitas Gamacca Parepare

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE Pameran Parewa Bessi atau benda pusaka digelar Komunitas Gamacca Parepare yang berlangsung di Balai Ainun Habibie, Kota Parepare, pada Jum’at (12/8/2022).

Pada, pameran itu, sedikitnya ada ratusan benda pusaka dari besi terpajang dari sejumlah komunitas dari Sulsel, Sulbar, Sulteng dan bahkan hingga Kalimantan.

Sementara jumlah peserta yang ambil bagian pada kegiatan pameran parewa bessi ini, tercatat sebanyak 45 komunitas.

Saat ditemui, Ketua Panitia Pameran Parewa Bessi Zulkarnaen mengatakan, pameran itu bertujuan untuk bersilaturahmi dengan komunitas-komunitas yang ada di Sulsel, Sulbar hingga Kalimantan.

“Tujuan kegiatan ini agar bagaimana teman-teman bisa semakin mencintai budaya parewa bessi. Karena pelestariannya bagian dari identitas sebuah bangsa,” bebernya.

Sekretaris Umum Komunitas Gamacca Parepare ini juga menyebut, pada pameran itu hampir 500 barang pusaka yang dipajang dari berbagai daerah.

“Bahkan tadi ada barang bilah pusaka dari Kalimantan dan dipajang di sini. Ada badik, parang, keris, dan tombak,” sebutnya.

Dia juga menjelaskan, guna mengetahui pamor yang terdapat pada sebuah benda pusaka, ada ahli tersendiri yang bisa melakukannya.

“Kebetulan yang mencatat apa saja pamor yang terdapat pada sebuah bilah pusaka. Karena tidak sembarang orang yang memahami sebuah pamor dalam sebuah benda pusaka,” pungkasnya.

Pameran Parewa Bessi ini, jugs turut dihadiri langsung Pembina Komunitas Gamacca Parepare, Erna Rasyid Taufan beserta sejumlah tamu yang ikut meramaikan. (*/hsl) 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: