Permantap Persiapan, Panitia HUT RI ke-77 Parepare Gelar Gladi di Lapangan Andi Makkasau

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Setelah dua tahun tidak dilangsungkan di lapangan terbuka, pelaksanaan upacara bendera detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia kembali akan digelar di lapangan Andi Makkasau Parepare.

Untuk mematangkan persiapan seluruh unsur terkait, panitia pelaksanaan HUT Kemerdekaan RI Pemkot Parepare, menggelar gladi dengan melibatkan seluruh unsur peserta upacara di Lapangan Andi Makkasau Parepare, pada Senin (15/7/2022) sore.

Pada puncak peringatan detik-detik Proklamasi RI ke-77, yang akan bertindak sebagai inspektur upacara, yakni Wali Kota Parepare Taufan Pawe, sementara yang akan bertindak sebagai komandan upacara, adalah Kasatlantas Polres Parepare, AKP Muhammad Yusuf.

Sementara yang akan bertindak sebagai komandan upacara pada penurunan bendera, yakni Lettu Info Yonatan Yoga Pratama, PLH Kasi OPS Brigif 11/BS.

Ketua Panitia Pelaksana HUT RI ke-77, Andi Mukti mengatakan, gladi yang digelar ini, adalah penaikan bendera dan penurunan bendera.

“Hari ini dilaksanakan gladi upacara penaikan bendera dan penurunan bendera Proklamasi kemerdekaan,” jelas Andi Mukti, yang juga Kepala Dinas Perkintam Parepare.

Sedangkan Wakil Ketua Panitia, Andriani Idrus mengatakan, rangkaian kegiatan pada Selasa (16/8/2022) besok, adalah mendengarkan pidato kenegaraan.

“Setelahnya, malam hari ada renungan suci di Taman Makam Pahlawan Patcekke, Sumpang Minangae. Pada hari H di pagi hari, dilaksanakan upacara detik-detik proklamasi, dan sorenya penurunan bendera,” jelas Adriani Idrus yang juga Kepala BKPSDMD Parepare.

Dia menyebutkan, upacara ini nantinya akan menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker.

“Tadi kami melakukan koordinasi dengan koordinator Paskibraka, beliau sudah menanyakan ke daerah-daerah tetangga, mungkin tidak bermasker,” sebut Adriani

Sementara untuk kegiatan lomba gerak jalan, rencananya juga akan dilaksanakan di Kota Parepare.

“Tetap ada kegiatan gerak jalan. Mungkin sekitar tanggal 20-an. Sementara lomba-lomba dilakukan di tingkat kelurahan,” tandasnya. (hsl/ag) 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: