Pemprov Susel Siapkan Pasar Pangan Jelang dan Saat Ramadhan 1443 H

Sejumlah komoditas bahan pokok di salah satu mini market (Foto: int)

SERATUSNEWS.ID, MAKASSAR — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsek) melalui sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), menyiapkan pasar pangan sebelum dan selama bulan Ramadhan 2022 mendatang.

Seperti halnya Dinas Ketahanan Pangan Sulsel, mereka merencanakan pasar pangan sebelum Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah. .

Wakil Kepala Ketahanan Pangan Sulsel Kemal Redindo Putra di Makassar, mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan kabupaten/kota menggelar pasar murah dua kali, sebelum Ramadhan dan sebelum Idul Fitri 1443 Hijriah.

“Saya dan Dinas Ketahanan Pangan kabupaten/kota memang akan menggelar gelar pangan murah di enam kabupaten secara serentak. Ini untuk menjawab ketersediaan pangan di sana,” katanya, seperti dikutip seratusnews.id pada keterangan pers tertulisnya, Sabtu (19/3/2022).

“Nanti insya Allah setelah saya lapor ke gubernur, pada 30, 31 Maret dan 1 April nanti kita panggil sembako murah untuk menjawab ketersediaannya,” tambah Kemal.

Keenam kabupaten tersebut merupakan perwakilan dari enam zona yang ada di Sulawesi Selatan, mulai dari zona Makassar meliputi Makassar, Gowa, Maros, Pangkep dan Takalar.

Zona Selatan adalah Bulukumba yang mewakili Selayar, Jeneponto, Bantaeng. Selanjutnya Zona Bosowasi yang akan digelar di Bone mewakili Soppeng, Wajo dan Sinjai.

Sedangkan zona Ajattappareng terdiri dari Parepare yang mewakili Sinjai, Barru dan Pinrang. Zona Toraja yang diadakan di Tana Toraja diwakili oleh Enrekang, Toraja Utara, dan Tana Toraja. Kemudian Zona Luwu Raya akan digelar di Luwu untuk mewakili Palopo, Luwu Utara dan Luwu Timur.

“Ini sudah dikoordinasikan, selebihnya menunggu persetujuan gubernur jadi ini akan dilakukan sebelum Ramadhan dan sebelum Lebaran,” kata Kemal.

Kegiatan yang rencananya digelar serentak selama tiga hari ini akan bekerja sama dengan Kementerian Pertanian. Bahkan akan ada pengiriman bantuan makanan terjadwal.

“Dengan adanya event sembako murah yang akan digelar serentak dan dilakukan secara virtual dibuka oleh gubernur, maka ini salah satu jawaban terkait ketersediaan pangan kita di Sulsel yang kita miliki cukup,” kata Kemal.

Tidak hanya Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perdagangan Sulsel juga berencana menggelar pasar murah di empat kabupaten/kota di Sulsel selama Ramadan.

Hanya saja Kepala Dinas Perdagangan Sulsel Ashari Fakhsirie Radjamilo belum bisa menyebutkan tempat pasar murah itu akan digelar. Dia akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Gubernur Sulawesi Selatan dan OPD terkait.

“Pasarnya murah di empat kecamatan tapi belum ditentukan lokasinya. Ini untuk menjaga stabilitas pangan, makanya kami memilih tempat dari daerah dengan tingkat kemiskinan tertinggi dan meminta arahan dari Gubernur,” kata Ashari. (rls/ag)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: