Monumen Cinta Sejati, Ikon Kota Parepare

SERATUSNEWS.ID,PAREPARE – Tanggal 22 Mei sembilan tahun lalu memang menjadi hari yang sangat berat bagi Presiden Indonesia ke 3 BJ Habibie. Karena hari itu di mana BJ Habibie harus merelakan kepergian sosok wanita yang paling dicintainya. Kepergian mendiang sang istri, Hj. Hasri Ainun Besari menjadi hari yang paling tidak bisa dilupakan bagi sosok yang sangat di segani di bidang riset dan teknologi ini.

Sosok Habibie memang menjadi salah satu tokoh yang diidolakan di negeri ini. Selain karena kejeniusannya, Habibie juga dikagumi karena rasa cintanya terhadap istirinya Ainun yang begitu besar, bahkan tak jarang dapat meneteskan air mata.

Sejak hari pertama hingga keseratus wafatnya Ainun, Habibie selalu rajin mengunjungi makam istri tercinta untuk mendoakan. Cinta Habibie ke Ainun yang begitu besar pun pernah diangkat ke layar lebar, dengan respon yang sangat positif dari masyarakat luas.

CINTA SEJATI: Monumen ini Jadi simbol harmonisnya rumah tangga.

Tak hanya menginspirasi sutradara saja, nyatanya kisah cinta Habibie Ainun juga menginspirasi kota Parepare untuk membangun monumen cinta pasangan sejati itu. Adalah Wali kota Parepare,Taufan Pawe, mengatakan bahwa bangunan monumental Habibie Ainun ini bercerita tentang kisah cinta Habibie ke generasi mendatang.

“Patung cinta Habibie-Ainun inspiratif bagi generasi mendatang untuk berkomitmen dengan pasangan hidup kita. Monumen ini sebagai simbol keabadian cinta dan kasih terhadap adanya godaan,” ucap Taufan.

Di monumen ini terdapat patung Habibie Ainun yang memperlihatkan Ainun menggunakan kerudung dan membawa bunga. Sedangkan Habibie menggunakan jas dan kacamata sambil melambaikan tangan kirinya sembari tersenyum, sedangkan tangan kanan Habibie berada di pundak Ainun seperti merangkul.

Pada bagian belakang patung terdapat puluhan foto Ainun dan Habibie. Foto-foto itu menggambarkan kebahagian mereka, seperti foto keduanya ketika berada di Jerman. Namun sayangnya foto foto ini sudah di tanggalkan karena di khawatirkan rusak.

IKON KOTA: Parepare kini identik dengan kota Habibie.

Habibie sendiri yang meresmikan Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun pada Mei 2015 lalu. Dirinya meresmikan monumen tersebut bertepatan di hari pernikahannya ke-53 tahun.

Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun didirikan sebagai kado pernikahan untuk Habibie dan Ainun. Sekaligus sebagai bentuk penghargaan kepada keduanya sebagai sosok yang dihormati di Kota Parepare.

Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun terletak di kota kelahiran BJ Habibie 82 tahun lalu, yaitu Parepare. Tepatnya berada di jantung kota Parepare, berdiri tegak di ujung barat daya Lapangan Andi Makkasau. Patung ini dibuat di Yogyakarta dan menghabiskan dana sekitar Rp 1,4 miliar.

Ketika malam hari, monumen ini akan semakin indah karena ada lampu berwarna-warni yang menyorot patung Habibie Ainun. Banyak pengunjung yang rela datang ke Parepare untuk melihat monumen tersebut.

Saat ini Monumen ini juga menjadi tempat Favorit warga untuk berswa foto. Memanfaatkan momen ini,warga sekitar menyiapkan jasa foto dengan latar belakang monumen. beberapa diantaranya bahkan menyiapkan Boneka,agar momen berfoto lebih menarik.

Kamu bisa melihat Aktivitas di sekitar monumen,dengan melihat Vlog Harian Jalan Jalan Di Monumen Cinta (rdi)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: