oleh

Melalui Rapat Pleno, KPU Kota Parepare Tetapkan Data Pemilih Berkelanjutan Priode Juli 2021

-Berita, Politik-119 views

SERATUSNEW.ID, PAREPARE — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), menggelar rapat pleno rekapitulasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan periode bulan Juli tahun 2021, pada Kamis (5/8/2021).

Kegiatan yang pipandu oleh Kepala Sub Bagian Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kota Parepare, Sitti Kadriyah Kadir ini, dihadiri oleh seluruh Komisioner, Sekretaris, para Kepala Sub Bagian serta seluruh staf dalam lingkup KPU Kota Parepare.

Rapat pleno dibuka oleh Ketua KPU Kota Parepare, Hasruddin Husain secara virtual ini, dimulai pada Pukul 10.00 Wita dan berlangsung alot hingga  Pukul 11.44 Wita.

Ketua KPU Kota Parepare, Hasruddin Husain mengungkapkan, pada rapat pleno kali ini, berhasil menetapkan jumlah pemilih sebanyak 98.658 Pemilih dengan rincian pemilih laki-laki 47.533 dan pemilih perempuan 51.125 yang tersebar di 4  kecamatan pada 22 kelurahan.

“Berdasarkan pendataan, sementara pemilih baru terdata sebanyak 19 pemilih serta pemilih yang tidak memenuhi syarat sebanyak 32 pemilih dan tidak ada pemilih yang melakukan ubah data,” jelasnya.

Sementara itu, Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kota Parepare, Mursalin Muslimin ketika dikonfirmasi via telepon menjelaskan, data tersebut bersumber dari rekomendasi/imbauan serta hasil pengawasan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Parepare, tanggapan dan masukan masyarakat serta temuan KPU Kota Parepare yang sebelumnya telah dikoordinasikan dengan pihak terkait.

“Karena berbagai keterbatasan sebagai implikasi dari masih merebaknya pandemi Covid 19, rapat pleno terpaksa digelar secara virtual. Hal ini sangat jelas sangat mempengaruhi kegiatan pemutakhiran, mengingat data pemilih yang berhasil dihimpun setelah melalui proses verifikasi administrasi secara internal selanjutnya harus dikoordinasikan/dikonsolidasikan dengan berbagai pihak terkait sebelum disajikan sebagai progress capaian bulanan pemutakhiran,” kata Mursalin.

Lebih lanjut dikatakan, kondisi ini membuat banyak agenda koordinasi/konsolidasi dengan berbagai pihak terkait yang sebelumnya telah dijadwalkan juga mengalami penundaan. Akibatnya saat ini terjadi antrian data yang harus dikoordinasikan cukup menumpuk pada Subag Datin.

“In shaa Allah, pada bulan mendatang begitu pandemi menunjukkan tanda-tanda yang semakin membaik, data pemilih yang tersaji akan mengalami peningkatan yang signifikan,” kata Mursalin.

Penegasan dari Ketua KPU Kota Parepare, lanjut Mursalin, meminta komitmen untuk tetap mengupayakan pelaksanaan pemutakhiran data pemilih dilakukan dengan maksimal dengan mengedepankan prinsip kecermatan, kehati-hatian dan akuntabilitas serta tetap memperhatikan penerapan prosedur kesehatan yang ketat pada setiap kegiatan pemutakhiran. (*/ag)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed