Kemudi Mobil Indonesia di Kanan, Ini Penyebabnya

SERATUSNEWS.ID – Seperti kita ketahui, kemudi mobil yang ada dinegara kita ini, pada umumnya berada di sebalah kanan. Orang indonesia pun akhirnya akan bingung jika berkendara dengan mobil yang kemudinya berada di sebelah kiri.

Kemudi pada mobil di dunia terdapat 2 standarisasi dalam lalu lintas, yakni left-driving dan right-driving. Left-driving artinya sistem berkendara di mana pengemudi menggunakan lajur kiri jalan untuk berkendara, hal ini mengharuskan posisi setir atau kemudi berada di sebelah kanan.

Right-driving adalah sistem di mana pengemudi menggunakan lajur kanan untuk berkendara yang mengharuskan posisi setir atau kemudi berada di sebelah kiri

Kemudi sebelah kiri di beberapa negara Eropa

Dilansir dari Otomotif.com, sejarah penjajahan di Indonesia ternyata menjadi cikal bakal mengapa Indonesia menganut konsep left driving.

Dulunya ketika menjajah Indonesia, Belanda juga menganut sistem setir kanan dan diikuti oleh Indonesia. Namun saat itu Belanda dikalahkan oleh Prancis yang menganut setir kiri, dan sejak itu cara mengemudi di Belanda pun ikut berubah menjadi setir kiri.

Kemudi Sebelah kanan di Indonesia

Namun, konsep setir kiri tidak diikuti oleh Indonesia karena usai Belanda hengkang, negara Jepang menjajah Indonesia.

Seperti diketahui kalau Jepang merupakan salah satu produsen mobil yang produknya banyak berseliweran di Indonesia.(rdi)

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK