Kapolda Sulsel Sambut 83 Pengungsi Asal Wanena

SERATUSNEWS.ID, MAKASSAR – Sedikitnya 83 warga pengungsi dari Wamena, Papua mendarat di Lanud Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (3/10/2019).

Kedatangan warga korban kerrusuhan di Wamena ini, disambut oleh Kapolda Sulsel Irjen Guntur Laupe bersama Dan Lantamal VI Makassar Kolonel Laut Hanarko Djody Pamungkas.

Kabid Humas Polda Sulsel Dicky Sondani mengatakan pesawat Hercules yang berangkat dari Papua mengangkut 83 pengungsi dan tiba di Lanud Sultan Hasanuddin TNI AU, pukul 08.30 Wita.

“Dari 83 pengungsi, 17 warga asal Sulsel, 66 pengungsi asal Pulau Jawa. Ke-17 warga Sulsel akan ditempatkan di Asrama Haji Sudiang, sedangkan pengungsi asal Pulau Jawa akan melanjutkan penerbangannya menggunakan pesawat Hercules,” ujar Dicky keoada sejumlah awak media.

Kedatangan pesawat Hercules TNI AU yang mengangkut eksodus dari Wamena ini merupakan rombongan kedua. Sehari sebelumnya, pesawat Hercules pertama tiba Rabu siang (2/10), membawa 170 orang pengungsi, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Para pengungsi, setelah turun dari pesawat, kemudian langsung disambut oleh Jenderal bintang dua kelahiran Kota Parepare itu serta Dan Lantamal VI. Para pengungsi juga menyampaikan keluh kesahnya pada Kapolda, terkait harta benda mereka di Wamena habis akibat kerusuhan.

“Setelah turun dari pesawat, para pengungsi ini kemudian diberikan makan pagi oleh Kapolda Sulsel. Selanjutnya para pengungsi yang berada di Makassar diberi conselling dari Psikologi Polda Sulsel,” bebernya. (rls/abd)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: