Kabupaten Barru Dilirik Oleh Kementerian Lingkungan Hidup Untuk Pengelolaan Limbah

SERATUSNEWS.ID, MAKASSAR — Kementerian Lingkungan Hidup membidik Kabupaten Barru sebagai salah satu daerah di Sulawesi Selatan (Susel) yang bisa menjadi alternatif untuk penanganan penimbunan limbah.

Mengingat, Barru bersama tiga kabupaten lainnya di Sulsel, yakni Gowa, Pangkep dan Bantaeng punya tata ruang dan kondisi geografis yang layak, serta memiliki akses ke pelabuhan besar.

Rencana pembangunan penanganan dan penimbunan limbah itu, terungkap saat rapat koordinasi konsultasi publik antara sejumlah kepala daerah dengan tim pengelolaan limbah terpadu dari Likungan Hidup Regional Sumapapua di Ballroom Hotel Novotel Makassar, Jumat (29/11/2019).

Pada rapat koordinasi yang membahas proyek kerjasama pemerintah dan badan usaha, juga mengurai pentingnya dari sekarang melakukan penanganan serius mengenai pengelolaan sampah, limbah dan bahan beracun berbahaya.

Sebab jika tidak ada antisipasi dari sekarang, maka pencemaran limbah bisa membahayakan kesehatan masyarakat dan lingkungan hidup. Karena itu, penanganannya harus dilakukan secara terpadu.

“Limbah B3 kalau tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan bahaya terhadap lingkungan hidup dan kesehatan manusia, serta mahluk hidup lainnya. Limbah B3 diperlukan pengelolaan yaitu pengurangan dari sumber limbah, penyimpanan, pengangkutan, pengumpulan, pengelolaan dan penimbunan,” papar tim dari Kementerian Lingkungan Hidup di rapat koordinasi.

Sebagai bentuk keseriusan, Kementerian Lingkungan Hidup akan memberikan hibah berupa peralatan pengelolaan secara thermal. Dengan catatan, ada tempat khusus berupa lahan penimbunan yang berizin untuk mengantisipasi fly ash pembakaran.

Wakil Bupati Barru Nasruddin AM mewakili pemerintah hadir di rapat koordinasi itu. Ia menyimak sekaligus mempertimbangkan baik-baik dengan rencana pembangunan penimbunan limbah di Barru.

Menurutnya, harus ada kajian mendalam terlebih dahulu jika Barru akan ditunjuk untuk pembangunan tersebut, sekaligus memastikan tidak ada dampak negatif bagi masyarakat di sekitar lokasi yang dibidik. (rls/ag)

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK