Jelang Idul Adha, Harga Cabai Kecil Rp 75ribu Perkilo di Pasar Lakessi Parepare

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Sejumlah harga komoditi pangan di Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengalami kenaikan jelang lebaran Idul Adha 1443 Hijriyah. Kenaikan terjadi terutama pada cabai dan bawang setiap pekannya.

Hasil pantauan Seratusnews.id di Pasar Lakessi Parepare, pada Kamis (23/6/2022) pagi, harga cabai kecil atau cabai rawit, itu tembus pada angka Rp 70-75ribu perkilogram, sedangkan bawang merah juga sudah mencapai Rp 50ribu perkilogram.

Tak hanya cabai dan bawang yang mengalami kenaikan, kenaikan harga juga terjadi pada  tomat yang kini mencapai Rp 15ribu perkilogram yang dulunya paling rendah Rp5 ribu perkilogram.

Saat ditemui, salah seorang pedagang Nova menyebutkan, jika harga cabai kecil terus mengalami kenaikan di bulan Juni, dan saat ini harganya mencapai Rp 75ribu perkilo.

“Awal bulan itu masih pada kisaran harga 35ribu rupiah perkilo, kalau sekarang naik sekali 75ribu perkilogram, dan hitu hampir seminggu ini naiknya,” jelasnya.

Sedangkan cabai kriting, biasanya Nova menjualnya pada kisaran harga Rp 50ribu perkilo, dan hanya sekali naik di bulan Juni.

“Baru sekali naik bulan ini dari harga 35ribu rupiah, sekarang harganya 50ribu rupiah perkilo. Kalau bawang merah itu harga 50ribu rupiah perkilo dan bawang putih itu 25-26ribu perkilo,” jelasnya.

“Tomat juga ini alami kenaikan 15ribu rupiah perkilo sekarang dan sebelumnya 5ribu paling rendah dijualkan,” sambungnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Hamka, salah seorang pedagang Pasar Lakessi lainnya, menurutnya, harga cabai yang saat ini ia jual, itu pada kisaran Rp 70ribu perkilo, dan modalnya Rp 62ribu.

“Harga cabai kecil itu sudah 70ribu rupiah perkilo sudah dua minggu ini naik terus, dan saya beli pada pedagang pengepul, itu 62ribu Rupiah perkilo, dan saya biasanya ngambil barang dari Enrekang dan Makassar,” katanya.

Sedangkan harga tomat, lanjut Hamka, juga mengalami lonjakan tinggi yang kini ia jual Rp 15ribu perkilo, padahal dulunya ia hanya jual Rp 8ribu perkilo.

“Tomat itu kami jual sekarang 15ribu perkilo, harganya naik sekali, kalau bawang merah, itu 65ribu perkilo, dan bawang masih stabil harganya 25ribu hingga 28ribu perkilo,” kata Hamka. (hsl/ag) 

abdi

Tinggalkan Balasan

Next Post

Wakil Wali Kota Parepare Dorong Kesbangpol Kolaborasi Dengan KPU Pastikan Tahapan Pemilu Berjalan Lancar

Kam Jun 23 , 2022
SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare, kini tengah gencar melakukan sosialisasi tahapan Pemilihan umum (Pemilu) serentak 2024. Menyikapi hal itu, Pemerintah kota (Pemkot) Parepare, menyatakan siap berpartisipasi serta mendukung Pemilu yang aman dan lancar. Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim pun mendorong instansi terkait, dalam hal ini […]

Kategori

%d blogger menyukai ini: