Hari Bhayangkara ke-76, Wali Kota Parepare: Polri Telah Jadi Sahabat Rakyat

Upacara puncak peringatan Hari Bhayangkara ke-76 di Mako Batalyon B Pelopor Polda Sulsel (Foto: Husnil)

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Puncak peringatan Hari Bhayangkara ke-76, digelar serentak di seluruh Indonesia secara virtual.

Bertindak selaku Inspektur upacara, yakni Presiden Republik Indonesia (RI), Ir. Joko Widodo (Jokowi), yang menyampaikan amanat serentaknya juga secara virtual.

Sementara di wilayah Polres Parepare, puncak  peringatan Hari Bhayangkara ke-76 tahun ini, digelar dengan upacara di Lapangan Markas Komando Satuan Brimob Batalyon B Polda Sulsel, di Jalan Chalik, Kota Parepare, yang juga turut dihadiri langsung oleh Wali Kota Taufan Pawe beserta sejumlah Satuan Perangkat Daerah (SKPD).

Saat ditemui awak media, Wali Kota Parepare Taufan Pawe mengutarakan rasa kebanggaannya kepada institusi Polri.

“Sebagai anak bangsa harus bangga dengan institusi Polri sudah berusia 76 tahun,” singkatnya.

Taufan Pawe juga menyebutkan, Parepare telah merasakan rasa aman dan nyaman atas kerjasama antar Pemkot dengan Polres Parepare yang tak perlu lagi diragukan.

“Khusus di Parepare tidak bisa dipungkiri wilayahnya sudah merasakan aman dan nyaman karena kemitraan pemkot dengan institusi Polri dan TNI tak perlu diragukan lagi,” tambah Wali Kota Parepare dua periode itu.

Lebih jauh, Taufan Pawe mengingatkan, tantangan ke depan sesuai arahan Presiden Jokowi, itu terkait soal kejahatan melalui teknologi yang harus diwaspadai.

“Namun tantangan ke depan, seperti arahan Presiden Jokowi tadi, kejahatan terkait dengan IT makin hari makin maju,” lanjut Taufan.

Dia juga berharap Polri dan TNI harus bersiaga terus hingga meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), guna bersama-sama melakukan penangkalan penyaluran informasi dan edukasi kepada masyarakat.

“Tentu saya berharap, Polri dengan TNI harus dalam siaga terus, tetap meningkatkan SDM institusi kepolisian agar bisa menangkal, setidak-tidaknya bisa bersama-sama menangkal memberikan informasi dan edukasi serta mentransformasi perkembangan-perkembangan kejahatan kekinian yang sangat moderen ini,” kata Taufan Pawe.

Wali Kota Parepare juga mengatakan, Pemkot dan Polri sudah menjalin kemitraan untuk bingkai mensejahterakan masyarakat.

“Selamat untuk Polri yah. Ke depan juga kemitraan Polri dengan Pemkot harus terjalin dalam frame untuk mensejahterakan masyarakat, instrumen untuk masyarakat memberikan rasa aman dan nyaman, Polisi saat ini telah menjadi sahabat rakyat, bukan lagi sesuatu yang ditakutkan,” jelasnya.

Sementara itu Kapolres Parepare, AKBP Andiko Wicaksono mengatakan, pihaknya akan terus berupaya semaksimal mungkin, untuk terus mendukung pertumbuhan ekonomi dan reformasi struktural.

“Kita berupaya semaksimal mungkin sesuai tema HUT Bhayangkara tahun ini, yakni untuk terus mendukung pertumbuhan ekonomi dan reformasi struktural,” jelas AKBP Andiko.

Dia juga menyebut, kemitraan Polri dengan Pemkot hingga tokoh masyarakat harus ditingkatkan lagi, untuk menciptakan Kamtibmas kondusif.

“Bagaimana pun juga sinergitas yang sudah terjalin selama ini utamanya Pemkot dan seluruh forkopimda serta tokoh agama dengan masyarakat, kita harus tingkatkan lagi agar tercapai tujuan dan tercapainya situasi kamtibmas yang kondusif,” tutupnya. (hsl/ag) 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: