oleh

Gempa M 6,7 Merusak Fasilitas Umum dan Rumah Warga di Pandeglan

-Berita-36 views

SERATUSNEWS.ID, BANTEN — Gempa dengan kekuatan magnitudo 6,7 yang berpusat di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglan, Banten, pada Jum’at (14/1/2022) kemarin, berdampak pada 17 kecamatan di wilayah setempat.

Kalak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, Banten, Girgi Jantoro mengatakan, berbagai fasilitas umum dan sejumlah rumah milik penduduk yang tersebar di 7 kecamatan itu mengalami kerusakan.

Berdasarkan data sementara, sejumlah kecamatan yang terdampak gempa ini, diantaranya Kecamatan Cimanggu, Cikeusik, Cibaliung, Panimbang, Carita, Sukaresmi, Pagelaran, Sumur, Cigeulis, Mandalawangi, Patia, Angsana, Munjul, Sindangresmi, Jiput, Saketi dan Bojong.

“Ada sekolah, MTs, MAN 4, SDN 3, Puskesmas dan rumah. Betul (masih pendataan),” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya gempa mengguncang Banten pada Jumat sore, 14 Januari 2022 sekitar pukul 16.05 wib. Lokasi gempa berada di lintang 7.01 LS – 105.26 BT, atau 52 kilometer barat daya Sumur dan 197 kilometer barat daya Jakarta. Gempa itu berada di kedalaman 10 km. Saat gempa terjadi, warga di Sumur, Kabupaten Pandeglang maupun Kota Cilegon, berhamburan keluar rumah dan kantor untuk menyelamatkan diri.

Di Sumur, warga sempat mengevakuasi diri ke tempat yang lebih tinggi. Sedangkan di Kota Cilegon, Banten, karyawan dari PT Dover Chemical dan warga berdiri dipinggir jalan Cikuasa Bawah dan menunggu kondisi aman. (*/ag)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed