Festival Salo Karajae Masuk Nominator Event Kharisma Nusantara 2022

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Upaya Pemerintah Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), melalui Dinas Pariwisata dan Olahraga (Disporapar) setempat dalam mempromosikan potensi wisata yang ada, kini membuahkan hasil.

Hal dibuktikan dengan terpilihnya Festival Salo’ Karajae yang dicetuskan oleh Disporapar Kota Parepare menjadi satu dari enam event yang berhasil terpilih mewakili Provinsi Sulsel dalam penilaian menuju pelaksanaan event Kharisma Nusantara 2022.

Dari 317 usulan event yang tersebar di Indonesia, 168 di antaranya yang berhasil lolos ke tahap kurasi, berupa wawancara dan presentasi.

Tahap pemaparan atau presentasi event Festival Salo’ Karajae ini dilakukan oleh Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Parepare, Amarun Agung Hamka di hadapan para Kurator. Presentasi itu dilakukan di kantor Disbudpar Provinsi Sulsel, Kota Makassar, Selasa, (15/2/2022)

“Kami sementara presentasi di depan para tim penilai di Kantor Disbupar Provinsi Sulsel, ” kata Hamka.

Hamka mengatakan, presentasi tersebut sebagai salah satu tahap penilaian event nasional, yakni Even Kharisma Nusantara tahun 2022 sebagai upaya pemulihan ekonomi daerah melalui kegiatan even yang terdampak pandemi.

Sekedar diketahui Festival Salo Karaje Kota Parepare menjadi even yang diselenggarakan setiap tahunnya di pesisir Salo Karajae yang berada di Kelurahan Sumpang Minangae, Kecamatan Bacukiki Barat.

Festival Salo Karajae menjadi salah satu strategi Pemerintah Kota Parepare melalui Disporapar dalam mempromosikan destinasi wisata Parepare, dengan melibatkan masyarakat pesisir dan pelaku ekonomi kreatif di Kota Cinta Habibie Ainun ini. Namun event yang sudah ditetapkan sebagai kalender nasional sejak 2019 ini sempat terhenti lantaran pandemi Covid-19.

Di Sulsel, hanya 6 event yang terpilih untuk dipresentasikan di depan kurator, yakni Festival Salo’ Karajae, Festival Pinisi, Takabonerate, F8 Makassar, Budaya To Berru, dan Lovely Desember. (*/ag)

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK