Erna Taufan Kukuhkan 16 Peserta Jamnas Kontingen Pramuka Parepare

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Parepare, Erna Rasyid Taufan mengukuhkan 16 orang peserta Jambore Nasional (Jamnas) kontingen Parepare. Pengukuhan dilakukan di lapangan upacara kota Parepare, Senin, (27/6/2022) malam.

Selain peserta, Erna yang didampingi Ketua Harian, H Minhajuddin Achmad dan Sekretaris Kwarcab Pramuka Parepare, HM Makmur juga mengukuhkan dua orang pendamping, yakni Firdaus Suaib sebagai pendamping putra (Staf Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare) dan Rahmatia sebagai pendamping putri (Kepala UPTD SDN 62 Parepare).

Tidak seperti pengukuhan pada umumnya, pengukuhan yang dilakukan Kwarcab Pramuka Parepare di bawah kepemimpinan istri Taufan Pawe, Wali Kota Parepare ini diwarnai dengan ceramah Islami yang dikemas dalam K’ ERAT (Kajian Edukatif Islam Rahmatan Lil Alamin).

“Selamat sekali lagi kepada adik-adik yang telah dikukuhkan menjadi duta Parepare. InsyaAllah akan berangkat 14 Agustus ke Cibubur,” ujar Erat, nama yang menjadi akronim Dai’ah ini.

Dalam kajian Islam itu, Erna menguraikan kaitan Dasa Dharma Pramuka dengan Alquran. Metode tanya jawab diselipkan dalam kajian yang dihadiri sejumlah Pengurus Kwartir Cabang dan Majelis Pembimbing Gugus Depan ini.

“Nomor satu dalam Dasa Dharma Pramuka adalah bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dalam surah Al Imran ayat 102 diserukan wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan Muslim. Supaya kamu memperoleh keimanan yang kuat dan tidak goyah ketika terjadi cobaan, maka wahai orang-orang yang beriman,” seru kak Erna, sapaan karib Ketua Kwarcab Pramuka Parepare sembari melantunkan ayat alquran ini dengan suara merdunya.

Secara teknis, Sekretaris Kwarcab Pramuka Parepare, HM Makmur menguraikan, 16 orang Pramuka Penggalang pilihan dari tingkat SMP/MTs ini terdiri dari 8 orang tim putra dan 8 tim inti putri.

“Para peserta berasal dari SMP Negeri 1 Parepare (3 orang), SMP 2 (2 orang), SMP 4 (2 orang), SMP 8 (1 orang), SMP 12 (2 orang), MTs Negeri (2 orang), DDI Lilbanat (1 orang), DDI Al Badar (2 orang),” urai Makmur yang juga Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare ini. (adv/ag)

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK