Di Sidrap Komunitas Peduli Lingkungan Menjamur

SERATUSNEWS.ID,SIDRAP – Perkenalkan, ini dia Komunitas Peduli lingkungan asal kabupaten Sidrap Sulawesi Selatan. Namanya Laskar Ijo. Komunitas ini berasal dari sejumlah sekolah di kabupaten Sidrap. Laskar ijo di prakarsai oleh Nasri. Pemuda sidrap yang memang sangat vokal terhadap masalah sampah di kabupaten yang berjuluk nene mallomo ini.

Beberapa lokasi menjadi sasaran komunitas ini untuk melakukan aksi bersih sampah. Seperti lapangan Andi Cammi di kelurahan Rappang,dan juga pasar lama di kelurahan Lalebata. Karena mayoritas anggota komunitas ini adalah murid sekolah dasar, kegiatan bersih lingkungan biasanya dilakukan di hari libur.

KOMPAK : Laskar ijo dan komunitas peduli lingkungan Rappang

” Sebenarnya komunitas ini terbentuk sebagai upaya pembelajaran sejak dini bagi murid sekolah dasar akan pentingnya menjaga kebersihan demi kepentingan bersama “. Terang Nasri Founder Laskar ijo Sidrap.

” Yang patut di syukuri anak anak sepertinya mudah mengerti akan tujuan berdirinya komuntas mereka, saking antusiasnya mereka berangkat dari rumah dengan membawa bekal sendiri,termasuk membawa botol minuman,agar tidak lagi membeli air kemasan plastik di lokasi kegiatan ” Lanjut Nasri.

LASKAR IJO : Laskar ijo berpose sesaat setelah melakukan aksi bersih sampah

Tidak hanya Laskar ijo, komunitas peduli lingkungan lainnya kerap membantu Laskar Ijo ketika menggelar aksi bersih sampah. Salah satunya Komunitas Peduli lingkungan Rappang. Sama seperti Laskar Ijo, komunitas ini juga kerap melakukan aksi bersih sampah khususnya di wilayah kecamatan panca Rijang kabupaten Sidrap.

Saat melakukan aksi bersih sampah komunitas ini membawa karung bekas, untuk ditempati sampah yang terkumpul. Mereka memungut sampah plastik, dan membakar sampah organik.

Keberadaan komunitas peduli lingkungan di kabupaten Sidrap sendiri memang mendapat sambutan hangat dari warga. Salah satunya adalah Amir. Amir menyebut kegiatan tersebut sangat positif, dan patut dijadikan agenda rutin. Apalagi Sudah sejak lama warga khususnya di Rappang mengeluhkan kondisi sejumlah lokasi fasilitas publik yang kotor dan tidak terurus.

“Partisipasi teman-teman dalam menjaga lingkungan ini, setidaknya membuat lingkungan menjadi lebih nyaman, sekaligus menunjukkan bahwa warga Sidrap cinta kebersihan dan peduli lingkungan,” urainya.

Kabupaten Sidrap sendiri memang baru saja menyabet Piala Adipura ketiganya. Bupati Sidrap Dollah Mando menerima piala adipura di Jakarta, langsung dari Wapres RI Jusuf Kalla. Sidrap dianggap salah satu kabupaten terbersih dengan pencapaian yang luar biasa. jadi tidak heran jika menjamurnya komunitas peduli lingkungan di Sidrap,menandakan tingkat kepedulian masyarakat sidrap akan pentingnya kebersihan terus membaik. (rdi)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: