Obituarium : Faisal Andi Sapada (FAS) di Mata Jurnalis Parepare

Innalillahi Wainailaihi Rojiun, kabar duka menyelimuti masyarakat Parepare atas berpulangnya ke Rahmatullah Dr. Ir. H. Faisal Andi Sapada., SE, MM, pada Rabu (5/6/2024) sore, sekira pukul 14.45 WITA di RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar.

Saat disemayamkan di rumah duka pada Kamis pagi 6 Juni 2024, langit tampak mendung. Seakan ikut bersedih atas kepergian sosok Bangsawan Bugis dan birokrat sejati yang akrab disapa Puang Ical.

Jenazah Addatuang Sidenreng XXV dan mantan Wakil Wali Kota Parepare periode 2013-2018 pagi itu, kini terbaring kaku di Rusunawa Yayasan Perguruan Amsir.

Ribuan lapisan masyarakat mulai dari kalangan pejabat, tokoh masyarakat, politisi, tokoh lintas agama, masyarakat Tionghoa hingga rakyat biasa datang berbondong-bondong memenuhi rumah duka hingga mengantarkannya di peristirahatan terakhirnya di Kompleks Makam Datu La Cincing.

Mereka ikut kehilangan seorang yang selama ini dikenal sebagai sosok pemimpin yang selalu memegang teguh sikap “makkiade” atau yang mengedepankan nilai atau tata krama yang baik dalam kesehariannya selama ia hidup.

Bukan Puang Ical namanya jika tidak meninggalkan kesan usai berinteraksi dengannya, begitu pun kami para jurnalis yang bertugas di Parepare. Bagi kami Almarhum adalah pamong sejati yang bukan tipikal anti kritik.

Sejumlah testimoni sejumlah kawan jurnalis tentang sosok Puang Ical pun dituliskan pada dinding-dinding media sosial mereka. Seperti halnya mantan jurnalis Harian Fajar Hamdani Saharuna yang mengenalnya sejak Puang Ical menjabat Asisten I di Pemkot Parepare, hingga menjadi Sekda dan Wakil Wali Kota, yang tak ada berubah dari sosoknya.

Meski pun banyak pro kontra akan sosoknya, namun ia menganggap sosok Puang Ical adalah panutan dan orang tua yang baik. Birokrat dan politisi terbaik Parepare.

“Tidak banyak orang yang bisa seperti beliau. Saya termasuk salah seorang jurnalis yang dekat dengan beliau. Namun, beberapa kali, berita yang saya buat adalah berita kontrol yang sangat sensitif. Tapi beliau tak peduli meski list pertanyaan saya semua memojokkannya secara pribadi dan profesi. Semua dijawab dengan tenang, khas dirinya yang tegas, berwibawa, tetapi santun,” tulis Dani, sapaan akrabnya.

Ia mengisahkan pada tahun 2012 lalu, ia mengalami kecelakaan lalulintas, namun kurang dari 10 menit dirinya di IGD, Almarhum Puang Ical datang dan langsung masuk ke ruang tindakan dengan wajah yang sarat kekhawatiran. Bagaimana’mi kondisimu? Tidak ada’ji yang parah?

“Terima kasih Puang Ical, yang telah memberi saya ruang dan tempat di Parepare sehingga rasanya seperti berada di tengah-tengah keluarga sendiri,” tutup Dani.

Hal senada juga dituturkan oleh M Haris Syah yang juga mantan jurnalis Harian Fajar dan media online pijarnews.com.

Dalam status di media sosialnya dituliskan, dirinya telah pernah menulis tentang FAS akronim dari Faisal Andi Sapada, puluhan bahkan mungkin ratusan kali. Memotretnya lebih banyak lagi. Namun akhlaknya yang tetap paling berkesan abadi.

“Aku pernah melihatnya memeluk pejabat dan orang-orang penting. Pelukan yang sama tak kalah eratnya ia berikan untuk penjual ikan di Lakessi dan tukang parkir di Hastom,” tulis Haris.

Kata orang dia bangsawan yang haus dihormati, duduk menyilang kaki. Tapi mereka pasti tak pernah melihatnya bersimpuh bersama jelata, duduk di trotoar sambil minum teh botol kesukaannya, atau sekadar meluruskan punggung di pos ronda.

Kata orang dia sulit keluar uang. Tapi bukan itu yang kulihat saat dia menyelipkan amplop tebal di bawah bantal ibu lumpuh di lorong Cappa Ujung. Atau memasukkan berlembar rupiah di saku bocah penjual kresek di Pasar Senggol.

“Andai bukan karena permintaannya, momen-momen itu tentu sudah kuabadikan. Sebagian bisa kupotret diam-diam. Selebihnya, Puang Ical seperti ingin menyimpannya hanya untuk tuhan saja,” tutur Haris.

Selamat jalan Puang Ical, semoga amal ibadah’ta menjadi lahan Rahmat Allah SWT. Alfatihah untuk’ta.

abdiganteng

Tinggalkan Balasan

Next Post

DPD Partai Gelora Parepare Pastikan Akan Menjadi Penentu Siapa yang Diusung di Pilkada 2024

Jum Jun 14 , 2024
SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Parepare 2024, sejumlah figur yang sudah menyatakan diri akan maju sebagai calon Walikota kini tengah berebut rekomendasi partai politik (parpol) yang sudah ditetapkan oleh KPU setempat memiliki kursi di DPRD. Untuk mengusung bakal calon kepala daerah (Bacakada), sejumlah parpol telah melakukan beberapa […]

You May Like