Gunakan Motor Trail, Kapolres Parepare dan Dandim 1405 Gelar Patroli Karhutlah

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Sebagai bentuk sinergitas dalam kesiapsiagaan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah hukumnya, Polres Parepare, Kodim 1405 Mallusetasi, dan Satpol PP Parepare melakukan patroli bersama dengan menggandeng komunitas motor trail.

Kendati melintasi medan yang cukup ekstrim, namun dengan menggunakan motor trail rombongan patroli yang dipimpin oleh Kapolres Parepare AKBP Arman Muis yang didampingi Dandim 1405 Mallusetasi Letkol Infanteri Hastiar Hatta, dan Kasatpol PP Parepare Ulfa Lanto, dapat menjelajahi kebun-kebun warga dan hutan di sejumlah titik.

‚ÄúDalam patroli karhutla ini kami bersama Dandim, Kasatpol PP dan beberapa bikers menjelajahi hutan di wilayah hukum Polres Parepare, dan patroli kali ini kami menemukan beberapa titik bekas kebakaran hutan dan kami langsung memadamkan sisa-sisa api yang ada agar tidak melebar,” jelas Kapolres Parepare AKBP Arman Muis, Kamis (28/9/2023).

Dari pantauan itu, lanjut Kapolres Parepare, ada beberapa kebun yang sengaja dibakar oleh pemiliknya kemudian ditinggal.

“Dari pantauan kami ada beberapa kebun yang sengaja dibakar oleh pemiliknya sehingga tentu mengkhawatirkan bagi pemilik kebun lainnya dan penduduk yang gada di sekitarnya,” kata Arman Muis.

AKBP Arman Muis juga mengatakan, sudah ada beberapa kasus kebakaran hutan dan kebun yang diduga sengaja dibakar oleh pemiliknya dan sementara dilidik oleh pihak Polres Parepare.

“Ada beberapa kasus sementara kami lidik, yang pastinya untuk proses penyidikan dan tahap pemeriksaan saksi-saksi, memang ada satu yang terbukti dan yang lainnya sementara kami dalami,” ujarnya.

Arman Muis menambahkan, patroli dengan menggunakan motor trail ini juga dilakukan dengan menyambangi masyarakat untuk memberikan sosialisasi dan penyuluhan terkait pencegahan karhutla. (*)

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK