Diduga gara-gara Puntung Rokok, Lahan Warga di Lembang Rano Utara Tana Toraja Terbakar

SERATUSNEWS.ID, TANA TORAJA — Peristiwa kebakaran lahan di Buttu Baba, Dusun Langsa, Lembang Rano Utara, Kecamatan Rano, Kabupaten Tana Toraja ini, mungkin bisa menjadi peringatan agar tidak membuang puntung rokok di sembarang tempat.

Pasalnya, lahan seluas 2 hektare ini terbakar diduga akibat warga yang melintas tidak sengaja membuang puntung rokok di sekitar area tersebut hingga memicu terjadinya kebakaran.

Saat dikonfirmasi Kapolres Tana Toraja AKBP. Malpa Malacoppo, SH, S.I.K mengatakan, luas lahan sekitar 2 hektare yang ditumbuhi pohon jati serta rumput pakan ternak itu terbakar pada Sabtu (5/8/2023) malam, sekitar pukul 20.00 Wita.

“Berdasarkan informasi dari sejumlah saksi yang kami peroleh, bahwa api pertama kali menyala di sekitar Bukit Buttu Baba, kemudian beberapa warga sekitar berupaya memadamkan api agar tidak menyebar ke lahan lainnya, dan pemukiman warga,” ujarnya.

Tak lama kemudian, lanjut Kapolres Tana Toraja, personil Polsek Bonggakaradeng yang dipimpin oleh Kapolsek Iptu Iskandar Adhasyim tiba di TKP, lalu berupaya memadamkan api besama warga setempat dengan menggunakan alat seadanya.

“Kemudian sekitar pukul 22.00 Wita, api baru bisa dipadamkan,” lanjut Kapolres Tana Toraja.

Untuk itu Kapolres Tana Toraja mengimbau kepada masyarakat, agar lebih waspada terhadap bahaya kebakaran, terutama saat musim kemarau seperti sekarang ini.

Selain terjadinya kebakaran rumah, Kapolres Tana Toraja juga mengimbau masyarakat juga lebih waspada terhadap potensi kebakaran lahan, sebab pada musim seperti sekarang ini, rumput, ilalang, maupun tanaman lainnya yang kering akibat kekurangan air sangat rentan terbakar. (*)

tiktok downloader sssTIKTOK