Empat Hari Dicari, Tim SAR Gabungan Temukan Posisi KMN Ilham Kajang

SERATUSNEWS.ID, BULUKUMBA — Proses pencarian yang dilakukan oleh tim SAR gabungan terhadap Kapal Motor Nelayan (KMN) Ilham Kajang beserta 10 nelayan di atasnya akhirnya membuahkan hasil pada Minggu (28/5/2023).

Hal itu terkonfirmasi dari seorang nelayan yang berada di KMN Ilham Jaya yang berhasil berkomunikaai dengan petugas dari Basarnas Sulsel.

“Alhamdulillah, hari ini kita mendapatkan informasi langsung dari seorang ABK yang berada di KMN Ilham Kajang mengenai posisi kapal”, ungkap Pelaksana Harian Kepala Kantor Basarnas Sulsel, Bustanil.

Bustanil memaparkan, saat ini kondisi kapal yang mengalami kerusakan mesin itu sempat hanyut terbawa arus sebelum ditemukan nelayan yang berada di perairan sebelah barat Kepulauan Selayar.

“KMN Ilham Kajang sempat hanyut terbawa arus, kemudian ditemukan nelayan yang berada di perairan Selayar dan ditarik ke rompong nelayan yang ada di sebelah barat Kepulauan Selayar,” terang Bustanil.

Saat ini kondisi kesepuluh nelayan di KMN Ilham Kajang, bisa dipastikan dalam kondisi selamat dan menunggu penjemputan kapal penarik untuk dibawa ke Kepulauan Selayar untuk kemudian melakukan perbaikan mesin kapal.

Sementara untuk proses evakuasi akan dibantu personel Basarnas Pos SAR Selayar yang lebih dekat dari posisi KMN Ilham Jaya. Rencananya, sebuah kapal penarik akan bergerak ke lokasi untuk membantu membawa KMN Ilham Kajang ke pesisir sebelah barat Kepulauan Selayar.

“Kita sudah berkoordinasi dengan pemilik kapal, rencananya personel Pos SAR Selayar akan ikut di kapal yang akan menarik KMN Ilham Kajang ke pesisir Kepulauan Selayar”, urai Bustanil.

Adapun upaya pencarian KMN Ilham Kajang sudah dilaksanakan sejak Kamis (25/5/2023) lalu dengan melibatkan personel Basarnas Unit Siaga SAR Bantaeng, dengan menggunakan unit RIB Basarnas.

Sementara sehari sebelumnya, atau pada Sabtu (27/5/2023), Basarnas juga telah mengerahkan KN SAR Kamajaya 104 untuk memperluas area pencarian di sekitar perairan Takalar.

“Semoga proses evakuasi berjalan lancar dan KMN Ilham Kajang bisa segera merapat ke pesisir.” tutup Bustanil. (*)

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK