Dukung Gerakan Indonesia Bersih, Bhayangkari Cabang Parepare Resmikan Bank Sampah

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Untuk mendukung Gerakan Indonesia Bersih (GIB)¬†yang telah dicanangkan oleh pemerintah, serta komitmen dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, Bhayangkari Cabang Parepare meresmikan Bank Sampah.

Bank Sampah Unit Bhayangkari Cabang Parepare ini diresmikan langsung oleh
Kapolres Parepare AKBP. Andiko Wicaksono, S.IK, di Aspol 1 Parepare, Jalan M Kurdi, Kelurahan Ujung Baru, Kecamatan Soreang, Kota Parepare, Rabu (24/5/2023).

Bank Sampah yang di kelola oleh Bhayangkari Cabang Parepare ini nantinya menerima tabungan sampah organik yang bernilai ekonomis.

Bank Sampah Unit Bhayangkari Cabang Parepare ini, bekerjasama dengan Pegadaian Parepare dengan mengusung tema ‘MengEmaskan Sampah Untuk Indonesia’, selain dengan pihak Pegadaian, pihak Kelurahan Ujung Baru, Kecamatan Soreang juga menjadi penopang dari program ini.

Kapolres Parepare AKBP. Andiko Wicaksono berharap, dengan hadirnya Bank Sampah Unit Bhayangkari Cabang Parepare ini, mampu mengedukasi warga untuk menjaga kebersihan lingkungan, aman dan nyaman, sekaligus menjadi sumber pendapatan tambahan yang diperoleh dari pengelolaan sampah.

“Kita dukung gerakan Indonesia bersih, kita berharap bersama dengan adanya Bank Sampah ini akan mengedukasi banyak orang untuk mengelola sampah menjadi sumber pendapatan tambahan, sekaligus dapat menjadi pelopor lingkungan yang bersih dari sampah, ini sangat positif sekali, kita dukung,” ujar vAndiko Wicaksono.

Seperti diketahui Bank Sampah adalah sebuah konsep pengumpulan sampah kering yang dipilah, dan memiliki manajemen layaknya sistem Perbankan konvensional, jika di perbankan yang ditabung adalah uang, maka di Bank Sampah yang ditabung adalah sampah.

Dimana setiap orang yang menabung di Bank Sampah yang juga disebut nasabah ini, jika akan memiliki buku tabungan.

Nasabah dapat meminjam uang, dan mengembalikan pinjaman dengan menggunakan sampah seharga uang yang di pinjam.

Sampah yang di tabung oleh nasabah, akan ditimbang dan dihargai dengan sejumlah uang yang nantinya akan dijual di pabrik yang bekerjasama dengan Bank Sampah tersebut.

Sementara tujuan dari dibentuknya Bank Sampah, adalah untuk membangun kepedulian masyarakat agar dapat memperoleh nilai ekonomis langsung dari sampah. Selain memberi efek dari sisi ekonomi, juga bertujuan untuk pembangunan lingkungan yang bersih, hijau dan sehat. (*)

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK