Kepala Perpusnas RI Dorong Pengembangan Perpustakaan Desa di Enrekang

SERATUSNEWS.ID, ENREKANG — Dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional, Universitas Muhammadiyah Enrekang (UNIMEN) dan Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Enrekang bekerja sama untuk menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Perpustakaan Desa Tingkat Kabupaten Enrekang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi dan pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Kegiatan BIMTEK Perpustakaan Desa digelar di Aula Kampus 1 UNIMEN pada hari Kamis, 18 Mei 2023. Kegiatan tersebut dihadiri oleh puluhan perwakilan perpustakaan desa se-Kabupaten Enrekang, termasuk para pustakawan dan pengelola perpustakaan. Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan baru dalam mengembangkan perpustakaan desa sebagai pusat literasi dan sebagai sarana pemulihan ekonomi setelah pandemi Covid-19.

Dalam sambutannya, Dr. Muhammad Syarif Bando, MM., menyampaikan pentingnya perpustakaan desa dalam meningkatkan literasi masyarakat.

“Perpustakaan desa memiliki peran yang sangat strategis dalam memberikan akses terhadap informasi, pengetahuan, dan budaya kepada masyarakat. Melalui kegiatan ini, kita berharap perpustakaan desa dapat menjadi pusat pembelajaran yang membangkitkan semangat literasi dan mendukung pemulihan ekonomi di masa pasca pandemi.” kata Syarif Bando.

Sebagai narasumber pada kegiatan tersebut, UNIMEN menghadirkan Bapak Mitra Fakhruddin MB, SP, Anggota DPR RI yang memiliki pengalaman dan pemahaman mendalam mengenai literasi dan perpustakaan.

Dalam materi presentasinya, beliau memaparkan pentingnya meningkatkan indeks literasi masyarakat desa untuk mendorong kesejahteraan dan pemulihan ekonomi. Beliau juga memberikan contoh keberhasilan pengembangan perpustakaan desa di berbagai daerah di Indonesia.

Dalam kegiatan BIMTEK ini, para peserta diberikan pengetahuan dan pelatihan mengenai manajemen perpustakaan desa, pengembangan koleksi buku yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, penggunaan teknologi informasi dalam pelayanan perpustakaan, serta strategi promosi dan pemasaran perpustakaan desa. Selain itu, juga diadakan diskusi dan sharing pengalaman antarperpustakaan desa untuk saling memperkaya pengetahuan dan pengalaman.

Dalam hal ini juga Rektor Universitas Muhammadiyah Enrekang Yunus Busa Mengajak seluruh Perwakilan desa yang nebjadi peserta yang turut hadir dalam kegiatan BIMTEK Pertpustakaan Desa agar kiranya dapat mampu mengajak warga desanya untuk berkuliah khususnya di UNIMEN itu sendiri.

“Saya berharap semoga bapak dan Ibu dari desa bisa mengajak minimal dua atau beberapa warganya untuk berkuliah di kampus kita sendiri”. Ujarnya dalam sambutannya

Beliau juga menyampaikan bahwa Universitas Muhammadiyah Enrekang juga memiliki jurusan sains dan perpustakaan yang dimana untuk provinsi sulawesi selatan hanya ada 5 kampus yang memiliki jurusan tersebut. Mengingat kembali bahwa UNIMEN telah memperadakan Prodi Sains dan Perpustakaan sejak tahun 2019.

Antusias peserta dari berbagai elemen masyarakat sangat terlihat dari semangat dan umpan balik dari tiap peserta dan narasumber.

Sehingga Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada pengelola perpustakaan desa dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, serta mendorong minat baca dan peningkatan literasi di tengah masyarakat.

Selain itu, diharapkan pula dapat memberikan kontribusi positif dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi dengan melibatkan perpustakaan desa sebagai bagian dari upaya pemberdayaan masyarakat. (*)

Tinggalkan Balasan

Next Post

441 Perangkat Desa dari 4 Kecamatan Dukung MB-Asman Lanjutkan Pembangunan Desa

Jum Mei 19 , 2023
SERATUSNEWS.ID, ENREKANG — Bupati dan Wakil Bupati Enrekang, Muslimin Bando dan Asman menghadiri pelantikan Perangkat Desa di empat Kecamatan. Masing-masing di Baraka, Buntu Batu, Malua dan Curio, Jumat (19/5/2023). Perangkat Desa yang tergabung dalam Organisasi Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) ini dilantik oleh masing-masing kepala desa. Bupati mengatakan, perangkat desa […]

You May Like