Menekan Tindakan Balapan Liar, Sat Binmas Polres Parepare Gelar Operasi Bina Kusuma 2023

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Aksi balapan liar sudah menjadi salah satu permasalahan yang masih terus terjadi di sejumlah daerah sampai saat ini.

Tindakan melanggar hukum yang pelakunya  didominasi oleh kaum muda ini, kerap menimbulkan keresahan bagi masyarakat, termasuk di wilayah Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Untuk itu, aparat kepolisian gencar melakukan imbauan Kamtibmas sebagai salah satu upaya menekan tindakan balapan liar tersebut.

Seperti halnya yang digelar oleh Satuan Binmas Polres Parepare, dengan melakukan Operasi Bina Kusuma 2023, pada Selasa (14/3/2023) pagi.

Kegiatan yang mengusung pola penyampaian pesan Kamtibmas secara Door To Door, ini dilakukan dengan mendatangi kelompok warga dari satu ke tempat ke tempat yang lain.

Pola Door to Door System atau disingkat dengan kata DDS ini di dunia kepolisian merupakan sebuah strategi untuk menyampaikan suatu pesan kamtibmas secara luas yang sangat perlu diketahui masyarakat.

Tim yang di pimpin oleh Aiptu Paryanto yang beranggotakan 3 personil ini, diantaranya Aiptu Bartho, Aiptu Erwin, dan Bripka Muh. Saleh, melakukan DDS di 9 titik di wilayah Kota Parepare.

Tim dari Sat Binmas Polres Parepare ini, menyampaikan pesan kamtibmas berupa ajakan kepada warga yang ditemui untuk ikut berperan aktif melawan perilaku balapan liar yang menimbulkan keresahan bagi masyarakat akhir – akhir ini.

Bukan hanya meresahkan, tetapi yang lebih fatal lagi, perilaku balapan liar berpeluang besar mengakibatkan terjadinya kecelakaan bagi pelaku maupun orang di sekitarnya.

Sebelumnya, informasi yang dihimpun dari pihak kepolisian menyebutkan, bahwa para pelaku balapan liar ini adalah dari kalangan pelajar SMP dan SMA.

Selain dari menyampaikan ajakan atau imbauan larangan balapan liar, Aiptu Paryanto bersama Bripka Salahuddin juga mensosialisasikan rencana pelaksanaan operasi pekat 2023 jelang memasuki Bulan Suci Ramadhan.

Sementara itu, Kasat Binmas Polres Parepare AKP. Anwar, membenarkan perihal kegiatan Operasi Bina Kusuma 2023 itu.

“Iya benar, salah satu target dari Operasi Bina Kusuma 2023 Polres Parepare adalah meminimalisir perilaku – perilaku balapan liar yang diduga dilakukan oleh kalangan pelajar SMP dan SMA, tentunya ini tidak mudah untuk menekan perilaku tersebut, sehingga dipandang perlu untuk melibatkan peran dari warga sekitar dalam melawan perilaku ini,” ucapnya.

Pelibatan peran dari masyarakat, kata Anwar, diharapkan dapat merubah perilaku balapan liar ini.

“Setidaknya, dari warga yang ditemui ini dapat membantu kami, minimal orang yang ditemui tersebut menyampaikan kepada anak-anaknya di rumah, bahkan mungkin akan lebih aktif memantau aktifitas anak-anaknya saat di luar rumah, dan jika itu mereka lakukan, tentunya kami akan sangat berterimakasih, karena secara langsung akan berdampak pada berkurangnya perilaku balapan liar “. Kata Anwar optimis.

Terkait dengan dugaan pelaku balapan liar dari kalangan pelajar, Kasat Binmas AKP. Anwar juga telah merencanakan sosialisasi ke sekolah – sekolah.

“Imbauan ke sekolah – sekolah akan lebih kita massifkan lagi, kami paham akan keterbatasan pengawasan dari pihak sekolah, namun setidaknya kita berupaya bersama – sama dengan pihak sekolah mengingatkan bahaya dari perilaku balapan liar di kalangan pelajar, kita tidak menginginkan generasi pelanjut kita putus masa depannya akibat dari balapan liar,” tuturnya.

AKP. Anwar juga berharap pelaksanaan Ops Bina Kusuma 2023 ini, mampu memberikan rasa aman dan nyaman menjelang datangnya bulan suci Ramadhan.

“Operasi Bina Kusuma 2023 tersisa 7 hari lagi, kami sangat berharap operasi ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman di tengah masyarakat jelang masuknya bulan suci Ramadhan, bulan puasa yang khidmat tanpa disertai balapan liar.” harap AKP. Anwar. (*)

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK