Karantina Parepare Gagalkan Penyelundupan Burung Cucak Ijo Asal Kalimantan

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Karantina Pertanian Parepare wilayah kerja (wilker) Pelabuhan Nusantara bersama Kepolisian Sektor Pelabuhan (Polsek KPN) Parepare, melakukan penahanan terhadap pemasukan 16 ekor satwa liar asal Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara), pada Jumat (21/10/2022).

Penahanan dilakukan karena belasan ekor satwa liar jenis cucak ijo (chloropsis sonnerati jardine dan selby) itu, tidak dilaporkan ke Pejabat Karantina, serta tidak dilengkapi sertifikat kesehatan dari daerah asalnya.

Kepala Karantina Pertanian Parepare, A. Azhar mengatakan, selain melanggar Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2019 tentang karantina hewan, ikan, dan tumbuhan, upaya pemasukan satwa liar itu, juga telah melanggar Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam.

“Sesuai Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2019, setiap orang yang memasukkan dan/atau mengeluarkan media pembawa dari suatu area ke area lain di dalam Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia wajib memenuhi persyaratan karantina, dan dalam Undang-Undang tersebut, juga telah diamanatkan untuk melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap tumbuhan dan satwa liar (TSL)”, tegas Azhar.

Selanjutnya, belasan burung itu, akan dilakukan penolakan dengan dikembalikan ke daerah asalnya, yakni di Nunukan, Kaltara. (*)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Cabor Tenis Meja Kota Parepare Optimis Sumbangkan Medali Emas di Porprov Sulsel 2022

Jum Okt 21 , 2022
SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Cabang olahraga (cabor) tenis meja kontingen Kota Parepare, optimis mampu meraih medali pada perhelatan Pekan olahraga provinsi (Porprov) 2022 yang digelar di Kabupaten Sinjai dan Bulukumba. Ketua Pengurus Cabang Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (Pengcab PTMSI) Kota Parepare, Sukri Abdullah mengungkapkan, ada 8 atlet yang memiliki kemampuan […]

You May Like