Belum Kantongi Izin, Pemkot Parepare Segel Sebuah Gedung Swalayan

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare, menutup sementara salah satu pembangunan swalayan yang di kawasan  Wekke’e, Kelurahan Galung Maloang, Kecamatan Bacukiki.

Penutupan sementara itu dipimpin langsung oleh Kabid Penegakan Perundang Undangan Daerah (PPUD), Wahyufi dengan sejumlah personil Satpol PP.

Saat disegel, petugas Satpol PP memasang stiker berlogo dan nama resmi Pemkot Parepare tertulis berhuruf kapital yang berwarna merah, “Tempat Ini Ditutup Sementara dan Dihentikan Kegiatannya”.

Gedung swalayan yang proses pembangunannya dihentikan sementara, itu merujuk pada PP Nomor 16 Tahun 2021, sebagai peraturan pelaksana UU Nomor 11 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja, dan Perda No 5 Tahun 2014 tentang Bangunan Gedung.

Wahyufi mengatakan, pemberhentian sementara proyek pembangunan swalayan itu dilakukan, karena tidak memiliki izin Persetujuan Bangunan Gedung (PGB).

“Kami di sini untuk menyetop sementara, karena tidak memiliki izin prinsip dan PGBnya,” kata Wahyufi, Jum’at (7/10/2022).

Dia membeberkan, pihaknya telah melayangkan surat teguran sebanyak 3 kali, agar menghentikan segala proses pembangunan dihentikan sebelum mengantongi izin, namun tidak digubris.

“Tiga kali kami tegur untuk menghentikan sementara pembangunan sebelum diterbitkannya izin tapi setelah dilakukan peninjauan di lapangan, ternyata masih ada proses pembangunan di sana,” kata Wahyufi.

Pihaknya juga menegaskan, sanksi yang diberikan berlaku hingga pemiliknya mengantongi zin Prinsip dan PGB.

“Batasnya sanksi ini (pemberhentian sementara) sampai pemilik memegang izin prinsip hingga PGB,” tegasnya.

Tak hanya itu, pembangunan gedung yang diberhentikan Pemkot Parepare ini, rencananya akan difungsikan sebagai pasar swalayan namun belum juga mengantongi izin.

“Tadi kami melakukan koordinasi dengan Dinas PUPR ternyata tempat ini akan menjadi pasar swalayan tapi itu lagi masalahnya, belum memiliki izin prinsip,” imbuhnya Wahyufi.

Pada proses pemberhentian, kata Wahyufi, idak ada perlawanan dari pihak kontraktor hingga penyegelan selesai.

“Kita bersyukur pihak kontraktor paham aturan yang ada dan menghentikan sementara pembangunan,” tandasnya.(hsl)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Keutamaan dan Hikmah Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Jum Okt 7 , 2022
SERATUSNEWS.ID, RELIGI — Maulid artinya kelahiran Baginda Rasullullah SAW yang diperingati setiap 12 Rabiul Awal bulan Hijriah setiap tahunnya. Maulid nabi menjadi hari penting sehingga umat muslim mengadakan kegiatan keagamaan serentak untuk memperingati hari besar tersebut, biasanya majlis taklim mengadakan salawatan dengan dihadiri oleh banyak jamaah. Peringatan Maulid Nabi awalnya dilakukan oleh […]

You May Like