Bawaslu Parepare Imbau kepada Parpol Agar Tidak Melakukan Kegiatan yang Berbau Kampanye di Luar Jadwal

SERATUSNEWS.ID, PAREPAREBadan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Parepare, mengimbau kepada Partai politik (Parpol) peserta Pemilu tahun 2024, agar tidak melakukan kegiatan yang mengarah pada kampanye di luar jadwal yang telah ditentukan.

Tak hanya itu, Bawaslu Parepare juga mengimbau agar jangan menggunakan isu politik identitas, SARA, hingga politik praktis di tempat keagamaan.

Imbauan itu sejalan dengan surat Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), agar di daerah menyampaikan imbauan itu ke parpol.

Kordiv Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Nur Islah mengatakan, sebanyak 24 Parpol telah dikirimkan imbauan agar tidak melakukan kampanye atau semacamnya di luar tahapan kampanye.

“Ada 24 Parpol yang masih tahap verifikasi di tingkat daerah, yang kami berikan imbauan agar tidak melakukan kampanye atau semacamnya di luar jadwal yang ditetapkan oleh KPU sebelumnya,” jelasnya.

Nur Islah menyebut, surat imbauan juga berisi soal agar tidak melakukan sejumlah kegiatan yang mengarah ke aktivitas kampanye di luar jadwal yang ditetapkan pihak penyelenggara Pemilu.

“Walaupun belum ada Parpol atau calon peserta pemilu atau pemangku kepentingan, setidaknya jangan melakukan kegiatan menjurus ke aktivtas kampanye di luar dari jadwal yang di ditentukan sebelumnya,” tambah Komisioner Bawaslu Parepare itu.

Pihaknya juga berharap agar parpol tidak meminta atau mempengaruhi masyarakat untuk memilih calon tertentu karena jadwal sudah ada ditetapkan.

“Kami juga mengimbau agar pengurus atau anggota agar menahan diri dengan tidak meminta atau mempengaruhi masyarakat agar memilih calon tertentu diluar tahapan kampanye demi menghindari kegaduhan yang tidak diinginkan bersama,” harap Nur Islah.

Diketahui sebelumnya, saat tahapan Pemilu 2024 telah masuk tahap verifikasi administrasi perbaikan. (hsl)

Tinggalkan Balasan