Intensitas Hujan Masih Tinggi di Parepare, Seluruh Potensi SAR Disiagakan

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE Badan SAR Nasional (Basarnas) Parepare terus bersiaga untuk antisipasi dampak cuaca ekstrem dengan intensitas hujan sangat tinggi dalam beberapa hari terakhir ini.

Seperti diketahui, Intensitas hujan sangat tinggi dalam kurun waktu tiga sejak Senin (19/9/2022) hingga saat ini masih berlangsung.

Saat dihubungi, Komandan Pos (Danpos) Basarnas Kota Parepare, Dadang Tarkas mengatakan, pihaknya bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait bencana dan SAR di wilayah Ajatappareng terus menyiagakan personelnya bilamana terjadi bencana.

“Kami bersama OPD terkait kebencanaan dan SAR seluruh wilayah Ajattapareng sudah berkoordinasi menghadapi cuaca ekstrem,” jelas Dadang.

Danpos Basarnas Parepare itu juga mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di daerah pesisir agar tetap waspada.

“Imbauan ke masyarakat daerah perkotaan dan para warga pesisir, agar kiranya tetap waspada dalam beraktifitas, apalagi intensitas hujan saat ini volumenya semakin bertambah, dan disertai angin kencang,” kata Dadang.

Sementara Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (TRC BPBD) Kota Parepare, Erick mengutarakan prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG dalam kurun waktu tiga hari ini akan terjadi hujan.

“Sesuai dengan prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG dalam kurung waktu tighari kedepan, Kota Parepare masih terjadi hujan dalenga intensitas rendah sampai dengan sedang,” jelasnya.

Erick pun juga mengungkapkan titik rawan banjir jika hujan deras akan menjadi pioritas tim TRC BPBD Parepare

“Titik yang sudah menjadi langganan banjir jika terjadi hujan deras akan menjadi prioritas dalam pemantauan TRC-PB BPBD Parepare,” ungkapnya.

“Titik rawan banjir, di daerah Tegal, Bacukiki, seputaran BTN Savaraz dan Belakang SMA Negeri 5 yang dilalui aliran dari sungai jawi-jawi,” tambah Erick.

Pihaknya juga akan terus siaga jika menerima informasi kedaruratan melalui layanan Call Centee Terpadu 112.

“Kami telah membuat grup Siaga Darurat Bencana yang didalamnya ada dari Basarnas, SAR Brimob, Damkar, Dinsos, Tagana, Call Center 112, Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup, dan seluruh personil Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana BPBD,” bebernya.

Erick mengatakan tim siaga darurat bencana di Parepare terus akan stand by di satuannya masing-masing.

“Tentu tim ini akan selalu siap melakukan pelayanan darurat khususnya wilayah Kota Parepare, dan mereka tetap stand by di satuan masing-masing,” tutupnya. (hsl)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Akan Buka Liga Beringin 2022 di Kabupaten Bone, Menpora Apresiasi Taufan Pawe Majukan Sepakbola di Sulsel

Kam Sep 22 , 2022
SERATUSNEWS.ID, JAKARTA –– Wali Kota Parepare, Taufan Pawe (TP) menemui Menteri Pemuda Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, di ruangan Menpora, Lantai 10, Kantor Kemenpora, Jakarta Pusat, Kamis, (22/9/2022). Dalam audensi itu, Zainudin Amali memastikan kehadirannya dan membuka langsung Liga Beringin 2022 di Stadion La Patau, Kabupaten Bone, 30 September 2022 mendatang. […]

You May Like