Perkuat Literasi, Pansus Ranperda DPRD Sulsel Kunjungi Dinas Perpustaskaan Parepare

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE Panitia Khusus (Pansus) Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Transformasi Penyelenggaraan Perpustakaan DPRD Sulawesi Selatan, berkunjung ke Kota Parepare.

Kunjungan itu dipusatkan di Kantor Dinas Perpustakaan, Jalan Alwi Djalil Habibie, Kecamatan Ujung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (13/9/2022).

Rombongan diterima langsung oleh Plt. Kepala Dinas Perpustakaan Kota Parepare M Anwar Amir beserta jajarannya.

Dalam sambutannya, Anwar mengatakan, regulasi yang berkaitan tentang perpustakaan sebenarnya sudah ada di Kota Parepare. Hanya saja, belum spesifik mengulas ke arah aspek transformasinya.

“Itulah sebabnya, Perda yang digenjot ini perlu untuk didukung, karena menyentuh aspek yang notabene mampu menunjang perwujudan cita-cita besar Perpusnas, yakni transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial,” katanya.

Secara teoritis, lanjut Anwar, transformasi dalam sebuah perpustakaan seyogyanya memuat tiga item utama. Yakni, peningkatan layanan informasi, pelibatan masyarakat, dan advokasi.

“Kami harap, Perda ini didesain agar menunjang terealisasinya tiga item tersebut,” paparnya.

Staf Ahli Bidang Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sulsel Dr. Jayadi Nas turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Ia mengatakan, kunjungan tersebut mesti diberi apresiasi, sebab kehadirannya bertujuan untuk menampung gagasan dari berbagai elemen, dalam rangka melengkapi Ranperda Transformasi Perpustakaan yang sementara bergulir.

“Kami harap, Perda ini bisa disempurnakan sesempurna mungkin, agar bisa menjadi literatur dan referensi belajar bagi daerah-daerah lain,” papar Jayadi.

Ia berharap, lewat Perda tersebut, perpustakaan tidak lagi menjadi ruang sekadar membaca. Tapi bagaimana pemustaka atau pengunjung mampu mengaplikasikan ilmu dari hasil bacaannya.

“Kesusksesan perpustakaan diukur dari sejauh mana pemustaka mampu menghasilkan impact dari apa yang dibacanya,” jelas Jayadi

Sementara itu, Ketua Pansus Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Transformasi Penyelenggaraan Perpustakaan DPRD Sulsel Andi Fauzi Wawo menegaskan, saran dan masukan yang dihasilkan dari forum tersebut akan menjadi referensi untuk penyempurnaan Ranperda.

“Setelah ini kami akan bentuk Tim Perumus untuk menindaklanjuti saran yang ada,” tutup Anggota DPRD Sulsel Fraksi PKB ini.

Sejumlah elemen terlibat dalam kegiatan ini. Mulai dari pemerintah provinsi, pemerintah daerah, pustakawan, akademisi, komunitas literasi, penerbit, penulis, pengelola toko buku, dan lainnya. (hsl)

Tinggalkan Balasan