Lepas Atlet Junior ke Turnamen Chess Team Gorontalo, Ketua Percasi Parepare: Ajang Persiapan Kejurnas Catur

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Persatuan Catur Indonesia (Percasi) Kota Parepare melepas kontingen atlet junior mengikuti turnamen Chess Team Gorontalo 2022.

Dua atlet yang diutus Percasi Parepare, yakni Muhammad Aryan Ramadhan (16) mahasiswa IAIN Parepare dan Muhammad Hilkamul Fatik (16) siswa SMAN 3.

Pelepasan kontingen itu berlangsung di Kedai OK, di Jalan Abu Bakar Lambogo, Kelurahan Ujung Baru, Kecamatan Soreang. Senin (12/9/2022).

Pelatih Percasi Kota Parepare, Pelatih Nasional Pratama (PNP), Andi Muksin mengatakan kedua atlet junior yang diutus sudah sering mengasah kemampuannya.

“Kedua atlet ini sering kita asah potensinya. Kita rutin berlatih dua kali seminggu, yaitu malam Sabtu dan malam Minggu,” beber Andi Muksin.

Andi Muksin juga menyebut turnamen yang di Provinsi Gorontalo itu, untuk mengasah potensi atlet junior.

“Kita utus mereka sebagai ajang latih tanding sekaligus bisa berprestasi di sana,” katanya.

Dirinya juga menuturkan salah seorang atlet yang diutusnya ke Gorontalo, merupakan perwakilan dari Sulsel di Kerjunas di bulan Desember mendatang.

“Fatik ini telah meraih Kejurda Sulsel, di Masamba lalu dan otomatis berhak ikut kontingen Kejurnas.

“Jadi, open turnamen Chess Team Gorontalo, sebagai ajang Fatik, sebelum berangkat Kejurnas,” ungkapnya.

Sedangkan, Ketua Percasi Kota Parepare, Kamaluddin Kadir memberikan apresiasinya ke atlet junior agar bisa diproyeksikan menjadi atlet profesional di masa akan datang.

“Mengikuti kegiatan di Gorontalo, menjadi program jangka pendek kami agar ada persiapannya sebelum Kejurnas,” jelasnya.

Kamaluddin Kadir juga mengatakan mengutus atlet junior, telah menjadi tradisi untuk terus berlatih agar mampu mengikuti turnamen nasional.

“Ini sudah tradisi. Percasi Parepare sudah selalu tampil Kejurnas,” katanya.

Selain itu, Sekretaris Fraksi Partai Gerindra DPRD Parepare itu juga menyebut, salah satu program unggulannya sebagai Ketua Percasi Parepare fokus pembinaan usia dini.

“Dan salah satu program yang sementara berjalan adalah Chess Goes to School. Program ini diharapkan sekolah-sekolah bakal tersaring bakatnya untuk dijadikan atlet karena kita ingin menjaga tradisi ini,” harapnya.

Diketahui sebelumnya, Percasi Parepare pada Porda Pinrang tahun 2018 lalu, keluar sebagai Juara Umum, dengan meraih tiga emas, dua perak dan tiga perunggu. Semua itu 70 persen disumbangkan oleh atlet junior. (hsl)

Tinggalkan Balasan