Harga BBM Naik, Tiket Kapal Laut di Parepare Kena Imbasnya

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite, solar dan pertamax, kini mulai berdampak pada berbagai sektor.

Diketahui sebelumnya, pemerintah pusat memutuskan kenaikan harga BBM bersubsidi, pada Sabtu (3/9/2022) lalu.

Salah satu efek kenaikan harga BBM, kini berdampak pada kenaikan harga tiket kapal laut. Kenaikannya tak tanggung-tanggung, yakni mencapai sekira 30 persen.

Saat dikonfirmasi, salah seorang pengusaha pelayaran, Yasser Aslan Tjanring mengungkapkan, ada penyesuaian tarif tiket akibat naiknya harga BBM.

“Pemerintah melakukan penyesuaian harga BBM. Jadi kami dari industri kapal di Parepare, khususnya kapal penumpang harus menyesuaikan tarif,” bebernya, pada Selasa (6/9/2022).

Pihaknya juga menjelaskan, dengan kenaikan harga BBM, perusahaan pelayaran telah melakukan hitung-hitungan yang menyesuaikan pengeluaran sekali berangkat.

“Kami sudah hitung-hitung dengan teman-teman perusahaan pelayaran, dan memang harus kita naikan sebanyak 30 persen,” jelas Yasser Aslan.

Yasser Aslan juga menyebut, alasan menaikkan harga tiket kapal, salah satunya dengan rute yang ditempuh dan harus menambah biaya operasional sebesar Rp 100 juta.

“Rata-rata setiap rute, kami menambah biaya sebanyak 100 juta rupiah. Hitung-hitungannya itu dari jumlah pemakaian bahan bakar yang digunakan,” tambah pengusaha pelayaran itu.

Kenaikan harga tiket kapal, kata Yasser Aslan, mulai berlaku hari ini.

“Setiap treknya, kita tambah 30 persen kenaikan harga tiket kapal. Seperti jalur ke Samarinda, 360 ribu menjadi 435 ribu rupiah,” pungkasnya. (hsl) 

Tinggalkan Balasan