Soal Catut Nama, Ketua KPU Sulsel Sebut Dinamika Verifikasi Pemilu 2024

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Faisal Amir melakukan kunjungan ke Kantor KPU Kota Parepare.

Kunjungannya itu untuk meninjau proses verifikasi faktual administrasi yang tengah berlangsung di Kantor KPU Kota Parepare.

Saat ditemui, Ketua KPU Sulsel Faisal Amir menjelaskan, kedatangannya ke Parepare untuk melihat langsung proses verifikasi Partai politik (Parpol) yang tengah berlangsung, dimana juga ditemukan adanya komisioner KPU Parepare yang dicatut namanya masuk dalam keanggotaan partai politik (Parpol).

“Ini sama halnya dengan warga lainnya, yang menemukan namanya dicaplok sebagai anggota parpol,” paparnya.

Sistematika pelaporan, Faisal Amir juga menjelaskan sama dengan mengisi formulir sanggahan dan melaporkan ke KPU RI bahwa mereka bukan dari salah satu anggota parpol.

“Sebagai penyelenggara pemilu, kami juga berpotensi namanya dicaplok,” ungkap Ketua KPU Sulsel itu.

Dirinya juga menyebutkan persoalan catut nama, merupakan bagian dinamika verifikasi dan sudah sering terjadi.

“Itulah fungsi verifikasi administrasi sampai pada verifikasi faktual, yaitu memastikan keanggotaan parpol itu benar adanya. Baik secara administrasi dokumen maupun secara faktual keberadaan dan dukungannya,” jelasnya.

“Itu dinamika verifikasi. Ada-ada saja seperti itu. Tapi itu biasa,” sambung Faisal.

Lanjut, Faisal mengatakan, KPU hanya memberikan kesempatan bagi warga yang merasa dicaplok namanya sebagai anggota Parpol melalui formulir sanggahan yang disediakan KPU.

“Kita imbau ke masyarakat agar aktif melakukan pengecekan melalui Sipol guna mengetahui apakah namanya dicaplok keanggotaan parpol atau tidak,” imbaunya.

Ketua KPU Sulsel mengatakan, jika memang merasa dicatut namanya silahkan disanggah melalui formulir yang disiapkan.

“Kalau kita merasa tidak pernah menjadi anggota partai atau merasa tidak pernah dimintai data untuk menjadi anggota partai, kemudian namanya ada dalam anggota partai itu namanya dicaplok,” ucap Faisal.

Terkait kunjungannya di KPU Parepare, Faisal mengatakan, dia melakukan monitoring supervisi verifikasi administrasi.

“Semua kabupaten/kota, khususnya di Parepare ini. Alhamdulillah sudah selesai proses verifikasi administrasinya sudah 100 persen,” jelasnya.

“Teman-teman kemudian memanfaatkan waktu yang tersisa untuk mengecek ulang yang sudah dikerjakan. Karena tahapan verifikasi kita target sampai hari ini, walaupun jadwalnya sampai tanggal 29 Agustus,” tandasnya. (*/hsl) 

Tinggalkan Balasan