Hati-hati, Mencatut Nama Warga Sebagai Pengurus Parpol Bisa Berujung Pidana

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE Komisi Pemilihan Umum (KPU), saat ini tengah melakukan verifikasi Partai politik (Parpol), namun pada saat dilakukan pengecekan struktur kepengurusan di tingkat Kabupaten/Kota, ditemukan ada beberapa nama yang dicatut.

Seperti halnya yang terjadi di Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), dimana Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Parepare, menerima sedikitnya 8 pengaduan dari masyarakat.

Saat dikonfirmasi, Ketua Bawaslu Parepare, Muhammad Zainal Asnun mengungkapkan, pihaknya telah menerima aduan terkait pencatutan nama warga sebagai salah satu pengurus Parpol, bahkan aduan itu datang dari staf Bawaslu Parepare sendiri.

“Sekarang sudah ada delapan aduan yang masuk, rinciannya itu warga ada empat, satu berprofesi jurnalis, dua melalui link dan satunya staf Bawaslu,” ungkapnya, pada Jum’at (26/8/2022).

Muh Zainal juga menyebutkan, belum ada profesi Aparatur Negeri Sipil (ASN) yang mengadu melalui link tanggapan dan juga Posko Pengaduan Bawaslu.

“Kalau ASN itu belum ada sampai sekarang, dan baru masyarakat yang datang melapor,” bebernya.

Tindak lanjutnya, kata Zainal, laporan yang diterimanya itu, akan diserahkan ke KPU untuk dilakukan proses lebih lanjut.

“Setelah masyarakat mengisi format aduan bahwa tidak pernah menjadi anggota parpol, dan hasilnya akan diteruskan ke KPU sebagai permohonan perbaikan untuk ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku,” jelasnya.

Zainal juga menuturkan, klarifikasi atas tercatutnya nama warga yang melapor ke Bawaslu Parepare, itu melalui link tanggapan maupun posko pengaduan.

“Untuk klarifikasi pada verifikasi faktual keanggotaan parpol akan dilakukan di bulan Oktober mendatang, dan mengklarifikasi langsung apakah bersedia menjadi anggota parpol atau tidak. Kalau tidak, namanya dicoret dari parpol,” jelasnya.

Pihaknya juga tidak bisa langsung mencoret karena person yang melaporkan harus memutuskan.

“Kalau ada keberatan, sudah masuk pidana umum, dan akan diurus pihak kepolisian karena keberatan data pribadinya diambil tanpa sepengetahuan,” pungkasnya. (*/hsl) 

Tinggalkan Balasan

Next Post

Erna Rasyid Taufan Tutup Kegiatan 'Syiar Syair Anak Negeri' MAS Parepare

Jum Agu 26 , 2022
SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Majelis Anak Saleh (MAS) Kota Parepare menggelar berbagai kegiatan dalam memeriahkan peringatan kemerdekaan RI ke-77 dan tahun baru hijriah 1444 H. Sejumlah perlombaan religi bertajuk ‘Syiar Syair Anak Negeri’ ini di antaranya lomba lagu nasional dan religi kategori putra/putri, lomba baris berbaris, lomba tadarus, lomba fashion show […]

You May Like