Mari Jaga Semangat Literasi Dalam Bingkai I Lagaligo!

SERATUSNEWS.ID, OPINI — Semangat literasi yang semakin hari menunjukkan peningkatan di kotaku. Bagaimana tidak, semua tentang tulisan, buku dan berbagai event digelar hampir setiap minggu.

Bahkan dalam hitungan menit, dinding media sosialku dipenuhi dengan karya tulisan berupa opini, esai, cerpen, bahkan dongeng, yang dibuat dari kalangan masyarakat biasa, seniman, pelajar, mahasiswa, guru, bahkan politikus.

Saya sangat percaya titisan dunia literasi tersebut pasti diturunkan bukan tanpa sebab. Mungkin tidak kita sadari, ada budaya literasi yang mengalir dalam darah Bugis-Makassar, yakni Maha karya I La Galigo, suatu epik mitologi dari Sulawesi Selatan, yang mendapat pengakuan dari UNESCO, ada karya sastra luar biasa yang diciptakan oleh para pendahulu kita sebelumnya, yaitu aksara Lontara. Mungkin dari sinilah kotaku banyak memiliki potensi penulis yang luar biasa.

Tugas kita sekarang ini, bagaimana kita menjaga nilai-nilai luhur yang diwariskan To Manurung dalam kitab I La Galigo itu tadi kepada kita manusia Bugis-Makassar di tengah perubahan yang sulit dielakkan.

Kita tetap berpijak pada akar budaya kita sendiri dan pada apa yang dibawa I La Galigo. Kita harus aktualisasikan sesuai dengan ruang dan waktu di kekinian.

Yang terpenting menurutku, kebebasan tertinggi itu didapati saat kita menulis. Semua orang bebas menulis apapun yang ia inginkan.

Kita adalah ‘sang penguasa’ dalam tulisan. Hanya saja dalam kebebasan itu juga perlu etika. Seperti pesan moral tentang etika yang sangat kental dalam karya sastra I La Galigo tadi.

Penulis: Abdillah (Jurnalis)

Tinggalkan Balasan

tiktok downloader sssTIKTOK