Polisi Tetapkan 2 Tersangka Penjual Tiket Palsu Pertandingan PSM Makassar vs Persija Jakarta

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Di tengah euforia laga antara PSM Makassar menghadapi Persija Jakarta di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, diwarnai dengan beredarnya tiket palsu yang dijual oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Hal itu terungkap setelah personil Polres Parepare mengamankan 2 orang warga yang kedapatan menjual tiket palsu pertandingan PSM Makassar vs Persija, di sekitar area Stadion GBH, pada Jum’at (5/8/2022) kemarin.

Setelah melalui proses penyidikan oleh Satuan reserse kriminal (Satreskrim) Polres Parepare, kini telah menetapkan tersangka terhadap kedua orang yang kedapatan menjual tiket palsu itu, masing-masing berinisial RS (44) berstatus Aparatur Negera Sipil (ASN) dan AM (45) yang bekerja sebagai buruh harian lepas.

Kasatreskrim Polres Parepare, AKP Deki Merizaldi menjelaskan, korban yang ingin menonton sepakbola Liga 1 Indonesia sehingga membeli tiket sebanyak 3 lembar.

“Berawal dimana Korban berminat untuk menonton pertandingan sepakbola Liga 1 antara PSM Makassar vs Persija Jakarta sehingga korban membeli tiga tiket dari terlapor,” papar AKP Deki Merizaldi.

Setelah membeli, kata Kasatreskrim Polres Parepare, korban kembali menanyakan tiket yang ia beli itu ke anggota kepolisian yang sedang berjaga di stadion.

“Namun beberapa saat kemudian korban menanyakan tentang tiket tersebut pada pihak kepolisian dan setelah di cek ternyata tiket tersebut palsu. Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar 165ribu rupiah,” jelasnya.

AKP Deki mengatakan sebelum mengamankan kedua tersangka, tim Resmob Satreskrim Polres Parepare, melakukan patroli di sekitar area stadion yang merupakan ring 1.

“Tim Resmob melakukan mobile di sekitaran ring satu stadion BJ Habibie menemukan penonton yang menanyakan tiket yang dia baru beli dari salah satu calo yang tenyata tiket tersebut palsu dari AM sehingga tim mengamankan pelaku dan di bawa untuk di lakukan introgasi dan hasil introgasi bahwa tiket tersebut berasal dari Lel. RS sehingga tim melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan pelaku,” jelasnya.

Hasil interogasi, lanjut AKP Deki, pelaku AM mengakui telah menjual tiket palsu yang diberikan RS.

“Pelaku AM mengakui dan membenarkan telah menjual tiket palsu tersebut yg diberikan oleh RS dan pihak RS juga telah mengakui dan membenarkan telah melakukan tindak pidana pemalsuan atau menggandakan tiket Pertandingan Liga 1,” jelasnya.

Lebih jauh, Kasatreskrim Polres Parepare juga menyebutkan pelaku RS menggandakan tiket di salah satu toko percetakan sebanyak 40 lembar.

“RS menggandakan tiket tersebut di toko atk sebanyak 40 lembar masing masing 1 (satu) tiket sepuluh lembar dari empat tiket milik KM. Dan RS membeli tiket tersebut dari seseorang yang tidak di kenalnya didepan lapangan sumpang sebanyak empat lembar lalu dia gandakan,” jelasnya.

Barang bukti yang telah diamankan Satreskrim Polres Parepare 24 lembar tiket palsu PSM Makassar VS Persija, 1 unit printer merek epson L3110 warna hitam, uang sebanyak Rp.497.000 dan 5 unit handphone.

Kepada penonton dan supporter yang juga mengalami penipuan tiket palsu, Kasatreskrim polres Parepare, Deki Marizaldi mengimbau agar melaporkan kepada polisi jika mengalami hal serupa.

” Atas perbuatanya pelaku dijerat Pasal 263 KUHP Dan Atau 378 KUHP Jounto Pasal 55, 56 KUHP pidana, dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.” Tegas Deki. (*/hsl).

Tinggalkan Balasan