Resmikan ‘Salut’, Anwar Amir Sebut Parepare Bukan Lagi Kota Persinggahan Pendidikan

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Sarana Layanan Universitas Terbuka (SALUT) di Kota Parepare diresmikan di Jalan Lasiming, Kecamatan Ujung.

Peresmian Salut ini dihadiri langsung Pimpinan Universitas Terbuka, ST Hania dan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare, yang diwakili Staf Ahli Sumber Daya Manusia (SDM) dan Kemasyarakatan, Anwar Amir.

Pimpinan SALUT, ST Hania mengatakan, masyarakat dapat memiliki akses ke perguruan tinggi, salah satunya Universitas Terbuka yang memberikan tawaran model belajar yang fleksibel.

“Semua masyarakat dapat memiliki akses ke perguruan tinggi. Kita perguruan tinggi negeri yang sama seperti lainnya, hanya metode yang fleksibel dan paling murah,” jelasnya.

Tak hanya fleksibel, ST Hania mengatakan, harga yang dipatok sangat terjangkau untuk semua kalangan dan di Universitas Terbuka juga tidak memiliki tes masuk untuk mahasiswa.

“Mahasiswa diberikan pilihan jumlah sks yang ingin diambil. Misalnya semester ini mau ambil lima mata kuliah dulu, terus semester depan ambil cuti selama setahun, kapan pun boleh, tidak ada drop out,” ujarnya.

Dia juga mengatakan biaya kuliah, per Satuan Kredit Semester (SKS) paling murah Rp 35 ribu dan paling mahal Rp 80 ribu.

“Biaya kuliah kita paling murah, satu SKS itu paling mahal Rp 80 ribu itupun karena ada praktiknya,” imbuhnya.

Dia berharap Universitas Terbuka dapat menjadi pilihan tepat masyarakat Parepare dan melahirkan alumni berkualitas.

“UT Parepare kita harapkan dapat menjadi pilihan seluruh masyarakat dan menghasilkan lulusan yang berkualitas,” pungkasnya.

Sedangkan Staf Ahli Sumber Daya Manusia (SDM) dan Kemasyarakatan, Anwar Amir, mengatakan Pemkot memberikan mandat agar semua dapat pendidikan dan pendidikan juga bukan lagi tempat persinggahan namun menjadi tujuan.

“Mandat dari pemerintah agar semua masyarakat mendapatkan akses ke perguruan tinggi. Parepare senantiasa terbuka karena sudah menjadi tempat tujuan pendidikan,” kata Anwar.

Anwar juga menyebutkan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta semua diterima. Dan mengapresiasi kehadiran Salut di Kota Parepare, yang memberikan tawaran yang terjangkau.

“Jadi semua perguruan tinggi baik negeri dan swasta kita sambut baik. Kita apresiasi Salut di Kota Parepare yang menghadirkan perguruan tinggi dengan harga terjangkau,” pungkasnya. (*/ag) 

Tinggalkan Balasan