Usai Alami Kebakaran, KSOP Tegaskan Tiket Penumpang KM Prince Soya Akan Diganti

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Kapal Motor (KM) Prince Soya yang rencananya akan berangkat ke Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim),  harus tertunda akibat terjadinya kebakaran di bagian dapur kapal.

Penyebab kebakaran masih sementara dalam proses penyelidikan pihak terkait, dan untuk sementara waktu kapal penumpang itu tidak diberi izin berlayar.

“Kita lihat besok kalau dilakukan pemeriksaan kedua, jika memenuhi syarat aman untuk berlayar atau tidak,” jelas Kepala KSOP Parepare, Triono, Rabu (13/7/2022) malam.

Lebih lanjut Triono mengatakan, hingga saat ini proses pemeriksaan masih terus berlanjut, untuk itu penumpang KM Prince Soya yang sudah membeli tiket, dibolehkan pindah kapal agar keberangkatannya tidak terhambat.

“Untuk penumpang, boleh pindah kapal dan akan dikembalikan uangnya 100 persen oleh perusahaan pelayaran,” kata Kepala KSOP Parepare itu.

Triono juga menyebutkan, penyelidikan penyebab kejadian kebakaran saat ini masih dilakukan pihak Syahbandar. Namun, dugaan sementara kejadian atau sumber api berasal dari hubungan arus pendek listrik di dalam kamar koki.

“Diduga arus pendek listrik dalam kamar koki. Kapal kita tunda berangkat dan masih sandar di Pelabuhan Nusantara Parepare,” jelasnya.

Sebelumnya, Kapolres Parepare AKBP Andiko Wicaksono mengatakan penyelidikan penyebab kebakaran dilakukan bersama pihak terkait.

“Kita masih melakukan penyelidikan bersama apa penyebab kebakaran di ruang dapur KM Prince Soya,” pungkasnya. (*/hsl) 

Tinggalkan Balasan