Sigap Bencana, K3 RS Hasri Ainun Habibie Gelar Pelatihan Evakuasi Korban dan Penyelematan Korban

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Tim Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Rumah Sakit dr Hasri Ainun Habibie Parepare dibekali pelatihan evakuasi kebakaran dan penyelamatan korban.

Pelatihan K3 ini dibekali langsung Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kota Parepare, berupa simulasi kebakaran dan penyelamatan yang berlangsung di RS Hasri Ainun Habibie, Rabu (13/7/2022).

Kepala K3 RS Hasri Ainun Habibie Parepare, Muhammad Ishaq Nusu menjelaskan, pelatihan ini untuk memberikan bekal agar siaga menghadapi bencana kebakaran.

“Ini merupakan menghadapi bencana kebakaran yang tidak kami inginkan. Olehnya itu kami programkan ini tiap tahun dan ini juga sejalan dengan program RS untuk akreditasi tahun ini,” jelasnya.

Muhammad Ishaq Nusu juga melibatkan seluruh tim K3 dari Rumah Sakit yang didampingi langsung oleh pihak Damkar Parepare.

“Kami libatkan personil dari K3 RS dr Hasri Ainun Habibie yang dibantu tim dari Damkar Parepare. Jadi, apabila sudah terlatih maka kami sudah sigap mengantisipasi bencana kebakaran dan lainnya seperti angin puting beliung dan sebagainya karena kita berada di tepi laut,” lanjutnya.

Sementara Kepala Bidang Evakuasi dan Penanggulangan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Parepare, Syafruddin Sjam menjelaskan pelatihan K3 tersebut berupaya antisipasi bencana yang tidak diinginkan.

“Tujuannya untuk antisipasi adanya yang tidak diinginkan. Makanya kita lakukan simulasi cara penyelamatan korban melalui tangga darurat, tangga pemadam dan ada juga lewat jalur khusus,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Pallung itu mengatakan, pelatihan ini juga diselingi adanya simulasi penyelamatan korban dari lantai 3.

“Tadi juga ada penyelamatan dari lantai tiga hingga enam untuk mengantisipasi ketinggian,” jelasnya.

Soal Standar Operasional (SOP) Pemadam Kebakaran di RS Hasri Ainun Habibie telah memenuhi standar.

“Dan kami juga cek peralatan pemadam kebakaran yang ada di RS Hasri Ainun Habibie ini sudah memenuhi standar,” tutupnya. (*/hsl) 

Tinggalkan Balasan