Musim Liburan Tiba, Objek Wisata Buntu Burake Toraja Ramai Pengunjung

SERATUSNEWS.ID, TANA TORAJA — Memasukkan masa libur panjang sekolah, kunjungan wisatawan ke objek wisata Buntu Burake, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, mengalami peningkatan sejak beberapa hari terakhir ini.

Dari pantauan seratusnews.id, objek wisata yang terletak sekira 4 kilometer dari pusat kota Makale, Tana Toraja ini, ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama anak-anak usia sekolah, sejak Sabtu hingga Ahad (3/7/2022) pagi.

Dari kawasan Buntu Burake Tana Toraja ini, wisatawan dapat menikmati pemandangan kota Makale dan gunung-gunung yang indah yang mengelilingi Tana Toraja.

Salah seorang wisatawan asal Makassar, Yanti mengungkapkan, dirinya menyempatkan waktu untuk singgah di Buntu Burake beserta keluarga, sekadar untuk menikmati suasana Kota Makale dari ketinggian sambil berswafoto.

“Tadinya kami ingin menuju ke objek wisata Pang-Pango yang berlokasi di Kelurahan Pasang, Kecamatan Makale Selatan, Kabupaten Tana Toraja, namun karena masih terlalu pagi, makanya kami ke Buntu Burake dulu,” kata Yanti kepada seratusnews.id.

Kendati bisa menikmati suasana Toraja dari ketinggian Buntu Burake, lanjut Yanti, namun dirinya sedikit merasa kecewa lantaran jembatan kaca yang terdapat di kawasan wisata yang diresmikan sejak tahun 2015 lalu ini sudah tidak berfungsi lagi karena mengalami keretakan. Selain itu, pengunjung tidak dapat lagi masuk ke Patung Yesus.

“Tadinya kami ingin berfoto-foto di jembatan kaca yang ada di Buntu Burake ini, tapi ternyata tidak bisa lagi karena sudah rusak,” lanjutnya.

Para pengunjung objek wisata Buntu Burake

Untuk menuju ke objek wisata Buntu Burake, para wisatawan bisa masuk ke  jalan dekat  Plaza Telkom Makale, atau belok kiri dari arah Kota Makassar menyusuri jalan yang menanjak dan berkelok.

Sepanjang perjalanan, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan indah serta susunan batu kapur yang terhampar.

Sebelum tiba di lokasi, wisatawan akan dipunguti biaya masuk sebesar Rp10 ribu ditambah retribusi parkir kendaraan sebesar Rp5 ribu.

Dari area parkir kendaraan, wisatawan harus berjalan menanjak menyusuri anak tangga menuju titik lokasi Patung Yesus Memberkati. Ada sekira 500 anak tangga harus dilewati oleh wisatawan untuk mencapai puncak bukit Buntu Burake.

Selama menapaki anak tangga, hamparan pemandangan nan indah sudah dapat dinikmati dari sisi lereng. Hembusan angin sejuk dan segar turut menemani wisatawan selama menempuh jalur puncak.

Pemandangan Kota Makale dilihat dari Tangga di Buntu Burake Toraja

Sementara itu, Ita salah seorang penjual sovenir di Buntu Burake mengaku, dirinya bersyukur dengan ramainya wisatawan yang berkunjung. Sebab, praktis juga akan berdampak pada pendapatan mereka.

“Kami bersyukur jika pengunjung ramai di sini, sebab otomatis ada saja yang biasanya berbelanja sovenir yang kami jual,” kata Ita

Ada pun sovenir yang bisa dijadikan buah tangan atau oleh-oleh bagi pengunjung di Buntu Burake, itu  berupa kain tenun khas Toraja, Baju kaos bergambar Toraja, topi, hingga makanan khas. (*/ag) 

Tinggalkan Balasan