Jelang Ramadhan, Tim Terpadu Sidak Pasar Tradisional dan Pasar Modern di Makale

SERATUSNEWS.ID, TANA TORAJA — Jelang Bulan Suci Ramadhan, Polres Tana Toraja yang menggandeng Disperindag Tana Toraja dan Koramil 01 Makale Kodim 1414 / Tator melakukan Sidak ketersediaan minyak goreng dan harga bahan pokok di Pasar Tradisional Makale, toko-toko penyedia bahan pokok dan ritel.

Sidak yang dilakukan dalam bentuk tim terpadu ini, dipimpin oleh Kapolres Tana Toraja, AKBP. Juara Silalahi, S.IK, MH, yang menyasar langsung ke pelaku-pelaku ekonomi yang ada di Pasar Makale, tim terpadu ini pun memeriksa ketersediaan minyak goreng berikut dengan sejumlah bahan pokok yang dibutuhkan oleh masyarakat, upaya ini bertujuan untuk menjaga ketersediaan dan kestabilan harga.

Di dalam Pasar Tradisional Makale, tim terpadu berkeliling dari sudut ke sudut, dari satu penjual ke penjual lainnya, melakukan pemeriksaan, dan tanya jawab ke para penjual mengenai pasokan minyak goreng dan bahan pokok.

Dari pantauan tim terpadu, ketersediaan minyak goreng mencukupi, kendati masih ada penjual yang mengaku memiliki stok yang sedikit, bahkan ada penjual yang mengaku telah kehabisan stok.

Sementara untuk harga minyak goreng di Pasar Makale bervariasi, mulai dari harga Rp 25ribu sampai dengan Rp28 ribu untuk satu liternya, perbedaan harga ini dipengaruhi oleh kemasan dari masing-masing minyak goreng.

Namun yang berbeda, harga minyak goreng yang di temukan oleh tim saat memasuki salah satu toko besar yang ada di sudut Pasar Makale, justru di tempat tersebut ditemukan harga minyak goreng berkisar Rp 30ribu per liternya.

Sejumlah toko ritel juga di sasar oleh AKBP. Juara Silalahi, sebut saja swalayan sejahtera yang berada di Tandung, tempat yang terpisah jauh dari pasar makale, di swalayan ini di temukan stok minyak goreng yang “menggunung” yang terpajang di pintu masuk, minyak goreng kemasan ini di patok dengan harga Rp. 27 ribu per liternya.

Khusus di swalayan, tim terpadu memperoleh  informasi yang menyebutkan, bahwa stok minyak goreng sangat mencukupi, namun sudah beberapa hari terakhir kurang pembeli, hal ini dipengaruhi oleh merek kemasan yang tidak dikenali oleh para pembel.

Kondisi berbeda ditemukan oleh terpadu saat mengunjungi dua toko ritel modern yang terketak di Jalan Pongtiku, justru di tempat itu stok minyak goreng kosong.

Kapolres Tana Toraja, AKBP. Juara Silalahi yang dikonfirmasi saat berada di Pasar Makale mengatakan, ketersediaan minyak goreng dan sembako jelang Ramadhan masih dalam keadaan normal, namun dari sisi kestabilan harga, komoditas minyak goreng masih relatif tinggi, yakni sekitar Rp 25ribu sampai dengan Rp 28ribu perliternya.

“Kami dari Polres Tana Toraja, akan terus melakukan koordinasi dengan intansi terkait untuk bersama-sama mengawasi lonjakan jika adanya lonjakan harga, khususnya lonjakan harga minyak goreng yang melewati batas ambang kemampuan daya beli masyarakat,” ucap Juara Silalahi.

Pengawasan ini, kata Kapolres Tana Toraja, akan terus dilakukan bersama dengan Disperindag dan  Kodim 1414/ Tator, dengan tujuan untuk memastikan barang tersedia di pasar tradisional maupun pasar ritel dengan harga yang stabil.

“Harapan kami, jelang ramadhan hingga jelang Idul Fitri nantinya, kebutuhan-kebutuhan warga dapat terpenuhi, mudah didapatkan, dan sesuai dengan harga yang ditetapkan oleh pemerintah,” ujar perwira menengah berpangkat dua melati ini.

Sidak tim terpadu yang dipimpin oleh Kapolres Tana Toraja, AKBP. Juara Silalahi ini, turun dengan back up dari Sat fungsi yang dimilikinya, yakni Sat Reskrim, Sat Intelkam, Sat Binmas, Propam dan Polsek Makale, sementara dari Disperindag, dipimpin oleh Plt. Kadis Perindag, Ferdi Manga Patila yang membawa 3 orang stafnya, dan Danramil 01 Makale, Lettu Inf. Alwy, yang juga menurunkan 6 orang personilnya. (rls/ag)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Gelar Vaksinasi di Saoraja Suppa, Pangdam XIV Hasanuddin Sebut Jangan Terlena Informasi di Media Sosial

Sel Mar 29 , 2022
SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Usai meresmikan  Saoraja Datu Suppa, di Jalan Pemuda, Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, Paglima Daerah Militer (Pangdam) XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad, menyempatkan diri untuk meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi bagi warga setempat, pada Selasa (29/3/2022) siang. Di halaman rumah Datu Suppa ini, menjadi area […]

You May Like