Warga Pacongang Pinrang, Dihebohkan dengan Penemuan Mortir

SERATUSNEWS.ID, PINRANG — Warga Pacongang, Jalan Lasinrang, Kelurahan Temmasarangnge, Kecamatan Paleteang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel), dihebohkan dengan adanya penemuan mortir.

Bahan peledak jenis mortir 60 ini, ditemukan oleh dua orang warga saat melakukan penggalian lubang bangunan cakar ayam.

“Benda ini kami temukan saat menggali lubang bangunan cakar ayam bersama teman saya Asrul,” jelas Muhktar Raupong, warga yang menemukan mortir.

Muhtar juga menuturkan, saat dirinya menggali lubang pada kedalaman sekira 80 sentimeter, tiba alat yang digunakan menyentuh benda berupa logam berkarat yang bentuknya mirip dengan mortir.

“Benda ini kami perkirakan panjangnya ada sekitar 35 sebtimeter, dengan lingkaran mencapai 25 sentimeter, sementara beratnya sekitar 3 Kilogram,”¬† jelasnya.

Lanjut Muhtar, setelah berupa mengangkat benda itu, selanjutnya ia bersama rekannya melaporkan temuan itu ke Koramil 1404-04/Paleteang yang diterima langsung Babinsa Pacongang, Serda Abbas.

“Mortir 60 tersebut telah diamankan di Kantor Koramil 1404-04/Paleteang, dan kejadian ini telah dilaporkan kepada Danramil 1404-04/Paleteang Kapten Inf Zakkir.” jelas Serda Abbas.

Penemuan mortir 60 ini, juga dibenarkan oleh Danramil 1404/04/Paleteang Kapten Inf Zakkir.

“Setelah menerima laporan dari Babinsa Serda Abbas, selanjutnya personil kami langsung¬† ke lokasi kejadian untuk mengamankan mortir 60 yang ditemukan warga untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, mortir ini perkiraan merupakan peninggalan zaman penjajahan Belanda. Karena kondisinya sudah rusak dan berkarat.

“Untuk memastikan perihal kondisi mortir ini, Kodim 1404 Pinrang, akan mengirim surat ke Satuan Ahli Denpal Parepare,” tegas Kapten Inf Zakkir.

Diperkirakan bahan peledak sejenis mortir ini lebih dari satu, untuk itu Babinsa Koramil 1404/04/Paleteang, diminta memberi imbauan ke masyarakat bila masih menemukan hal yang sama agar secepatnya melaporkannya ke Koramil 1404/04 Paleteang Pinrang. (*/ag)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Dilantik di Istana Negara, Andi Sudirman Sulaiman Resmi Menjadi Gubernur Termuda di Indonsia

Kam Mar 10 , 2022
SERATUSNEWS.ID, JAKARTA –– Kamis 10 Maret 2022 menjadi sejarah dalam dunia pemerintahan Sulawesi Selatan. Andi Sudirman Sulaiman atau sering disingkat Andalan dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai Gubernur Sulsel di Istana Negara, Jakarta Pusat. Jokowi melantik Andi Sudirman melalui pembacaan Keputusan Presiden Republik Indonesia tentang Pelantikan Gubernur Sulawesi Selatan Sisa Masa […]

You May Like