Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika, Gunakan Material Batu Aggregat dari Palu

SERATUSNEWS.ID, LOMBOK — Lintasan Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan diaspal ulang menyusul rekomendasi dari Dorna Sport dan FIM seusai tes pramusim MotoGP di trek Lombok itu akhir pekan lalu. Sedikitnya ada 17,5 persen lintasan yang melalui proses Resurfacing atau pengaspalan ulang.

Sesuai hasil rekomendasi federasi otomotif internasional FIM dan penyelenggara MotoGP Dorna setelah Pre Season Test MotoGP tgl 11-13 Februari 2021 yang lalu, maka sirkuit Pertamina Mandalika di Lombok harus dilakukan Circuit Resurfacing atau pengaspalan kembali. Proses ini sudah mulai dilakukan dan direncanakan rampung 10 Maret 2022 mendatang.

Seperti dikutip seratusnews.id, Kamis (3/3/2022) pada postingan Instagram CEO ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) @abdulbar.mansoer menyampaikan bahwa, proses pengaspalan kembali ini menggunakan batu aggregat dari Palu, Sulawesi Tengah yang memenuhi syarat kualitas sirkuit MotoGP dan dikombinasikan teknologi Stone Mastic Aspalt, pembalap dapat mencapai top speed 314 km/jam dengan aman, yang terbukti saat Pre Season Test.

Resurfacing 17,5 persen lintasan Mandalika Lombok ini, menyusul insiden kotornya lintasan karena debu, pasir, dan kerikil yang dikeluhkan oleh para pebalap.

FIM, Dorna dan ITDC mengidentifikasi dua area yang perlu diperbaiki, yaitu kebersihan permukaan trek dan banyaknya agregat, seperti pasir, debu dan kerikil atau pecahan batu, yang berada di atas lintasan dan merekomendasikan pengaspalan ulang sejumlah bagian lintasan sebelum Tikungan 17 hingga setelah Tikungan 5, atau sekitar 17,5 persen dari total lintasan.

Proyek konstruksi yang masih berlangsung di sekitar lintasan juga mempengaruhi tingkat kebersihan lintasan.

“Bagi kami, melakukan tes itu bagus dan terlihat hasilnya, sekarang kami sedang bekerja tanpa henti membersihkan trek dan runoff,” beber Gardini seperti dikutip Antara. (*/ag)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Berkunjung ke Balai Ainun, Rombongan Pemkab Tolitoli Borong Kerajinan UMKM Parepare

Jum Mar 4 , 2022
SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Rombongan Pemerintah Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, dipimpin Bupati Tolitoli Amran H Yahya melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kota Parepare, Jumat, (4/3/2022), dengan berbagai agenda. Usai diterima resmi di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare, Ketua TP PKK Tolitoli, Sryanti Amran Dg Parebba bersama rombongan ditemani Ketua TP […]

You May Like