Tak Terpengaruh Wacana Tunda Pemilu, KPU Parepare Terus Masif Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024

SERATUSNEWS.ID, PAREPARE — Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus bergegas menyiapkan tahapan penyelenggarakan Pemilu 2024 di tengah bergulirnya isu penundaan pesta demokrasi lima tahunan ini. Dalam beberapa pekan terakhir, KPU gencar melakukan sosialisasi tentang tahapan pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang.

Sebelumnya KPU RI telah menetapkan tanggal pemungutan suara Pemilu pada Rabu, 14 Februari 2024, seperti yang tertuang dalam Surat Keputusan KPU RI Nomor 21 Tahun 2022 tentang Hari dan Tanggal Pemungutan Suara pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, Anggota DPD, serta Anggota DPRD dan ditindaklanjuti dengan peluncuran hari pemungutan suara serentak di seluruh KPU Kabupaten/Kota dan Provinsi pada tanggal 14 Februari 2022 yang lalu.

Saat dihubungi seratusnews.id, pada kamis (3/2/2022) pagi, Ketua KPU Kota Parepare, Hasruddin Husain mengungkapkan, pada semua tingkatan KPU termasuk di Kota Parepare, saat ini tinggal menunggu perampungan aturan terkait tahapan, program, dan jadwal Pemilu 2024 di KPU RI.

“Sambil menunggu proses tersebut kami di KPU Parepare tentunya tidak ada lagi penafsiran terhadap produk hukum Surat Keputusan penetapan hari pemungutan suara dengan melakukan sosialisasi hari pemungutan suara Pemilu 2024 secara masif di semua lapisan masyarakat,” kata Hasruddin.

Bahkan, kata Hasruddin, sejauh ini KPU Kota Parepare aktif berkoordinasi dengan sejumlah stakeholder tentang sosialisasi tahapan Pemilu 2024 ini, termasuk dengan unsur Forum Koordinasi  Pimpinan Daerah (Forkopimda) Parepare.

“Sampai kemarin kami sudah aktif berkoordinasi dengan Forkopimda seperti Kejaksaan dan Pengadilan dan disusul ke Pemerintah Kota, Kapolres, Dandim 1405, DPRD dan Partai Politik, unsur media serta pihak-pihak lain sebagai upaya memperkuat simpul atau kemitraan KPU dalam proses pelibatan semua elemen masyarakat terkait sosialisasi Hari H. pelaksanaan Pemilu ini,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, terkait mengenai issu penundaan Pemilu, menururutnya tentu hal tersebut adalah hak semua pihak dalam memberikan opini atau pendapat seperti apa design Pemilu ke depannya.

“Yang Jelasnya, kami pertegas bahwa Surat Keputusan KPU RI mengenai hari pemungutan suara adalah keputusan yang dibuat, dibahas, disepakati oleh semua pihak penyelenggara bersama pemerintah dengan berbagai pertimbangan-pertimbagan persiapan dan sudah sangat cukup menjadi dasar bagi kami untuk segera mempersiapkan hal-hal yang mendorong pelaksanaan Pemilu 2024 bisa berjalan baik dan demokratis,” tegasnya (*/ag)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Pedagang dan Pengusaha Daging Bantah Ketersediaan Kosong di Pasaran

Kam Mar 3 , 2022
SERATUSNEWS.ID, JAKARTA — Ketersediaan daging di toko dan pasar tradisional sudah kembali normal. Tidak ada kelangkaan apalagi kekurangan pasokan. Bahkan Masyarakat bisa melakukan pembelian dengan harga yang standar. Hal ini seperti yang disampaikan sejumlah pengusaha dan pedagang pasar di kawasan Jabodetabek. Ketua Asosiasi Pengusaha Daging Skala UKM dan Rumah Tangga […]

You May Like