Perda Nomor 5 Resmi Diberlakukan, Tarif PBB di Kabupaten Sidrap Turun Tahun Depan

SERATUSNEWS.ID, SIDRAP — Dengan berlakunya Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Sidrap Nomor 5 Tahun 2021, maka tarif Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) pada tahun 2022 mendatang akan turun dibanding tahun ini.

Demikian salah satu poin utama yang disampaikan dalam Sosialisasi Perda Nomor 5 Tahun 2021 sebagai Perubahan Perda Nomor 4 Tahun 2013 tentang Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2).

Sosialisasi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sidrap ini ditujukan ke seluruh kecamatan. Hari kedua, Selasa (30/11/2021) dilaksanakan di Kecamatan Watang Sidenreng dan Kecamatan Pitu Riawa.

Kabid Perencanaan, Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Informasi Pendapatan Daerah, Sulaiman, menjelaskan kenaikan NJOP menjadikan tarif PBB di tahun 2021 ikut naik.

“Namun dengan adanya Perda ini, pada tahun 2022 yang akan datang tarif akan turun hingga sekitar 40 persen. Pengurangan ini karena adanya penyesuaian bilangan pengali dalam menentukan besaran tarif,” terangnya.

Di kesempatan itu, Sulaiman juga menyampaikan, pembayaran PBB juga bisa melalui Mobile Banking Bank Sulselbar, Indomaret, Gopay, toko pedia, PT. Pos Indonesia dan QRIS.

“Masyarakat juga bisa mengecek PBB.P2-nya melalui aplikasi telegram,” jelasnya .

Sementara itu Camat Watang Sidenreng, Hidayatullah Abbas menyampaikan terima kasih kepada pemerintah kabupaten atas terbitnya Perda Nomor 5 tahun 2021 tersebut

“Mewakili masyarakat Watang Sidenreng, kami berterima kasih setinggi-tingginya kepada pemerintah dalam hal ini Bapak Bupati Sidrap, yang merespon aspirasi masyarakat menurunkan tarif PBB,” ucapnya.

Hal yang sama yang diungkapkan Camat Pitu Riawa, Muhammad Bakri yang menyebut perubahan perda tersebut berpihak kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, perda baru ini akan membantu meringankan masyarakat dalam pembayaran PBB karna adanya penurunan,” tutupnya.

Sebagai informasi, sosialisasi tetsebut dilaksanakan di masing-masing aula kantor kecamatan. Acara turut dihadiri Kepala Bidang Pengendalian dan Evaluasi Pendapatan Daerah Habbabe, para lurah dan kepala desa, para pembantu kolektor, dan sejumlah staf Bapenda Sidrap. (rls/ag)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Satgas PPMI Parepare Raih Penghargaan Terbaik Indonesia Migrant Worker Awards

Sen Des 20 , 2021
SERATUSNEWS.ID, CIREBON — Satuan Tugas (Satgas) Perlindungan¬† Pekerja Migran Indonesia¬† (PPMI) Dinas Tenaga Kerja Kota Parepare berhasil meraih penghargaan Indonesian Migrant Worker Awards (IMWA) tahun 2021. Penghargaan ini diserahkan langsung Menteri Ketenagakerjaan RI, Hj. Ida Fauziah di Hotel Aston Cirebon, belum lama ini. Penghargaan dalam rangka peringatan Hari Migran Internasional […]

You May Like