Hari Anak Nasional Spiderman Dan Captain America Ajak Anak Peduli Lingkungan

SERATUSNEWS.ID,PAREPARE – Tidak hanya Google yang meramaikan peringatan Hari Anak Nasional yang jatuh pada hari ini, Kamis (23/7/2020),dengan menyuguhkan doodle atau gambar yang didominasi warna biru, merah, dan hijau cerah dengan gambar anak anak. Google memasang gambar anak-anak dengan berbagai kostum binatang kecil bermain dengan ria. Ada yang bersepeda, main layangan, hingga menunggangi kapal, burung, serta pesawat origami. Spiderman juga tidak mau kalah dengan aksinya di hari anak nasional

Aktivis lingkungan yang kerap melakukan kampanye unik untuk menjaga lingkungan dengan kostum Superhero ini melakukan aksi simpati di taman Mattirotasi Parepare Sulawesi Selatan. Spiderman lingkungan asal Parepare ini memunguti sampah yang ditinggalkan pengunjung di taman,dan dibuang sembarangan.

” Taman ini saya pilih karena memang menjadi pilihan anak anak untuk bermain di sore hari. apalagi ada fasilitas bermain anak yang meski jumlahnya tidak seberapa menjadi favorit anak untuk mengisi waktu luang ” terang Spiderman lingkungan ini.

Dalam aksinya Spiderman tidak sendirian,ada juga tokoh superhero lainnya,dan dia adalah Captain America cilik. Bocah berkostum Superhero ini terlihat cekatan memunguti sampah di taman,dan dmengumpulkannya dalam kantongan sampah bersama Spiderman.

” Jadi ini yang kedua kalinya Captain America cilik ini ikut beraksi,sebelumnya dia juga ikut kampanye kurangi sampah plastik dengan saya di taman ini juga” ujar Rudi hartono,pria dibalik kostum Spiderman ini.

Anak – anak yang bermain di tamanpun juga terlihat sangat antusias membantu Spiderman dan Captain America dalam mengumpulkan sampah di taman. Spiderman sendiri berharap kesadaran masyarakat bisa tergugah dengan melihat aksi si kecil dalam memberishkan taman yang kerap dipenuhi sampah di hari anak nasional tahun ini.

” Target kita memang membangun kesadaran akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya sejak dini,makanya target kmpanye bersih lingkungan ini,menyasar anak anak,yang tentu saja membutuhkan roll model,yang bisa menjadi panutannya” pungkasnya.

Sejatinya, hari anak diperingati pada tanggal yang berbeda di masing-masing negara. Khusus di Indonesia, Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli. Sebelumnya, Hari Anak Nasional diperingati pada tanggal 6 Juni dengan nama Hari Kanak-kanak.

Kemudian, Dewan Pimpinan Kongres Wanita Indonesia (Kowani) mencabut Hari Kanak-kanak Indonesia dan menggantinya dengan Pekan Kanak-kanak Nasional Indonesia. Pekan kanak-kanak diperingati setiap libur kuartal pertengahan tahun. Lalu, keputusan ini diubah lagi dengan menetapkan Hari Anak-Anak Nasional jatuh pada tanggal 17 Juni 1984. Namun, beberapa pihak mempertanyakan dasar penetapan tersebut, termasuk Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Daoed Joesoef. Daoed merekomendasikan pengubahan penetapan Hari Anak-Anak Nasional dari 17 Juni menjadi 3 Juli, bertepatan dengan hari berdirinya Taman Indria sekaligus Hari Taman Siswa. Rekomendasi juga datang dari DPP Gabungan Organisasi Penyelenggaraan Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) yang mengusulkan penggantian peringatan Hari Anak Nasional pada 23 Juli.

Usulan itu merujuk pada disahkannya UU Nomor 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak. Prof Dr Nugroho Notosusanto, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat itu, menyetujui pengubahan peringatan tanggal Hari Anak-anak ini. Pada tahun 1985, Hari Anak Nasional mulai diperingati setiap tanggal 23 Juli. Tanggal peringatan ini berbeda dari Hari Anak Internasional yang jatuh pada tanggal 1 Juni. Sementara Hari Anak Universal diperingati setiap tanggal 20 November. (ulb)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Bupati Barru Masuk Nominasi 10 Top Leader di Indonesia

Jum Jul 24 , 2020
SERATUSNEWS.ID, BARRU- Kepemimpinan Bupati Barru Suardi Saleh, kembali mendapat pengakuan dan apresiasi dari pihak luar. Tak tanggung-tanggung, besan Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina ini, masuk nominasi 10 top leader Indonesia. Sesuai penyampaian Seven Media Asia sebagai penyelenggara, Suardi Saleh berhasil masuk nominasi “Indonesia Top Leader Awards 2020” untuk kategori […]

You May Like