Keris Pangeran Diponegoro Kini Dikembalikan ke Indonesia

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana bersama Raja dan Ratu Belanda memperhatikan Keris Pangeran Diponegoro di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa (10/3/2020). (Foto: Humas/Agung).

SERATUSNEWS.ID, BIGOR — Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi, menyampaikan bahwa pengembalian dari Keris Pangeran Diponegoro prosesnya sudah cukup lama dan selama proses berlangsung Pemerintah Republik Indonesia (RI) dan Kerajaan Belanda melakukan penelitian bersama untuk betul-betul memastikan bahwa keris tersebut adalah keris milik Pangeran Diponegoro.

”Yang terakhir, jadi beberapa minggu sebelum kunjungan, maka kita juga mengirimkan tim di mana di dalamnya juga ada Pak Dirjen Kebudayaan. Karena saya berkonsultasi juga dengan Menteri Pendidikan dan kebudayaan kemudian beliau mengutus Dirjen Kebudayaan bersama dengan ahli dari Indonesia untuk melakukan pengecekan,” ujar Menlu memberikan penjelasan terkait Keris Pangeran Diponegoro di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa (10/3/2020).

Menurut Menlu, Kerajaan Belanda juga sudah mendatangkan tim yang terdiri dari beberapa orang untuk melihat keris tersebut.

Ia menambahkan bahwa dengan datangnya tim dari Indonesia, maka sudah dikonfirmasikan bahwa keris tersebut adalah Keris Diponegoro dan kemudian dikembalikan ke Indonesia.

Untuk penyimpanannya, Menlu menyampaikan bahwa akan dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terutama terkait penempatan Keris Pangeran Diponegoro tersebut.

Sumber: https://setkab.go.id/keris-pangeran-diponegoro-dikembalikan-ke-indonesia/

Tinggalkan Balasan

Next Post

Bupati Barru Meginstruksikan Semua ASN Untuk Bantu Sukseskan Sensus Penduduk

Sel Mar 10 , 2020
SERATUSNEWS.ID, BARRU – Bupati Barru Suardi Saleh menginstruksikan ke semua Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk membantu menyukseskan Sensus Penduduk 2020 yang ditarget rampung akhir bulan ini. “Selain membantu, saya minta kepada segenap ASN untuk sukseskan sensus penduduk secara online,” imbau Suardi Saleh saat mengisi data sensus penduduk secara online di […]

You May Like