Lokasi Penemuan Patung Berbentuk Manusia di Pinrang, Disinyalir Pusat Kerajaan Sawitto

SERATUSNEWS.ID, PINRANG — Lokasi penemuan patung berbentuk manusia di kelurahan Penrang, Kecamatan Wattang Sawitto, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel), disinyalir sebagai pusat kerajaan Sawitto pada zaman keemasannya.

Ketua Majelis adat Raja dan Sultan Indonesia Andi Pabiseangi mengatakan, pusat Kerajaan Sawitto itu, meliputi seluruh kota Pinrang saat ini.

“Itu juga termasuk di lokasi penemuan benda yang menyerupai patung manusia tersebut,” kata Andi Pabiseangi saat ditemui seratusnews.id di kantornya, pada Selasa (11/2/2020) siang.

Tidak jauh dari lokasi itu kata dia, juga terdapat makam Raja-raja Sawitto, dan diduga patung berbentuk manusia yang ditemukan oleh seorang buruh bangunan saat menggali pondasi itu, usianya diperkirakan ratusan atau bahkan ribuan tahun.

“Patung yang menyerupai manusia itu, bisa saja berusia ratusan bahkan ribuan tahun,” katanya.

Menurut dia, pada zaman itu, penjajah Belanda turut mengintervensi Kerajaan Sawitto. “Sempat ada campur tangan Belanda di Kerajaan Sawitto.” jelasnya.

Kerajaan Sawitto merupakan salah satu kerajaan yang sulit ditaklukan oleh penjajah Belanda, namun melalui tipu daya, Addatuang Sawitto Petta Lasinrang diculik dan diasingkan oleh Belanda, dan diduga saat itulah, benda-benda berharga milik kerajaan ditimbun agar tidak di sita oleh pihsk Belanda.

Sebelumnya Syahdan, seorang buruh bangunsn yang menemukan benda itu mengaku, jika hanya ada satu benda berupa patung yang menyerupai manusia itu yang is temukan.

“Hanya ini yang saya temukan tidak ada yang lain,” kata Syahdan.

Benda yang diduga bersejarah itu, kini masih tersimpan di rumah H. Aris sang pemilik rumah tersebut, dan pihaknya masih menunggu pihak Balai Pelestarian Cagar Budaya untuk melakukan penelitian lebih lanjut. (sr/ag)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Daya Tarik Wisata Indonesia Akan Dipromosikan Pada Turnamen E-Sports Berkelas Dunia

Sel Feb 11 , 2020
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio (Foto: Humas Kemenparekraf). SERATUSNEWS.ID, JAKARTA — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio ingin mempromosikan daya tarik wisata Indonesia melalui turnamen e-sports berkelas dunia yaitu Free Fire Champions Cup 2020 yang akan digelar di Jakarta pada 19 April 2020 mendatang. Dengan adanya […]

You May Like